Kemendikbudristek Beri Kemudahan untuk Pengembangan Karier Dosen

by -

METROPOLITAN – Direk­torat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) Kemen­dikbudristek membuat kon­sep baru dalam program Sertifikasi Dosen (Serdos). Adapun konsep baru tersebut adalah SMART (Simple, Modern-more innovative, Accountable, Responsive, Transparant).

Plt Dirjen Diktiristek, Nizam, menyampaikan bahwa pi­haknya bersama Ditjen Pen­didikan Vokasi berupaya meningkatkan kualitas dosen di Indonesia dengan mem­berikan layanan terbaik ke­pada para dosen dalam ber­karya.

“Karena dosen itu juga passion-nya beragam. Tidak semua dosen hobinya di la­boratorium. Ada yang hobi­nya berkarya di industri, mengabdi kepada masyara­kat dan memberdayakan masyarakat. Ada juga yang hobinya membuat catatan kuliah yang mudah diikuti mahasiswa. Nah, semua ru­ang itu tentu sangat penting,” ungkapnya.

Baca Juga  Kemendikbudristek Beri ’Warning’ ke Pemda soal PTM

Nizam menekankan, dalam tridarma perguruan tinggi, esensi ketiganya adalah pen­didikan.

Oleh karena itu, dalam peng­embangan karier dosen melalui serdos ini membuka ruang-ruang dalam tridarma tersebut. Artinya, ketiga darma tidak didiskrimasi satu dengan yang lain dan diberi ruang yang setara.

Di sisi lain, adanya trans­formasi serdos ini juga untuk menyederhanakan dalam proses administrasi yang se­lama ini membebani dosen. (jp/feb/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *