Mengulik Kegiatan di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor Saat PPKM

by -
ANGKUT-Petugas DLH Kabupaten Bogor saat mengakut sampah yang berasal dari Kali Baru Timur, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor

Kamis 26 Agustus 2021, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor bersama Pemerintah Kecamatan Cibinong, Dinas PUPR, PSDA Provinsi Jabar, Karang Taruna Ciriung dan warga, kompak mengadakan kegiatan bersih sampah di Jembatan Pasar Cikema, Kali Baru Timur, Kelurahan Ciriung, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor.

Laporan: Eka Doyok 

Kegiatan bersih-bersih sungai pasca penerapan PPKM level empat di Kabupaten Bogor, sangat menguras tenaga. Hal ini dikarenakan, banyak tumpukan sampah rumah tangga hingga pasar yang dibuang ke kali, oleh oknum masyarakat yang tak bertanggungjawab.

Kasi Penanganan Sampah DLH Kab. Bogor, Asep Sihabudin mengatakan, untuk membersihkan sungai ini, DLH menerjunkan 10 armada dengan dibantu alat berat ekskavantor jenis long arm dari PUPR Kabupaten Bogor.

Baca Juga  LHK Ajak Pemkot Cegah Kerusakan Lingkungan

“Kami berhasil mengakut kurang lebih 60 kubik sampah dari satu titik ini,” kata Asep, saat ditemui wartawan media ini seusai kegiatan, (26/08).

Mayoritas sampah, sambung dia, didominasi sampah rumah tangga yang rata-rata plastik dan sampah basah sisa makanan hingga sampah dagangan sisa pedagang. Puluhan kubik sampah ini pun langsung diangkut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Galuga.

“Kalau dari DLH kami terjunkan 70 personil, yang terdiri dari sopir dan keneknya, hingga 10 orang petugas penyusur sampah,” beber Asep.

Pihaknya pun menghimbau, agar masyarakat tidak membuang sampah ke sungai, karena akan mengkibatkan kerugian buat dirinya sendiri dan juga orang lain.

“Sampah itu bisa menyebabkan banjir hingga mencemari air sungai. Jadi semua bisa rugi karena sampah,” tegasnya. (eka)

Baca Juga  Tanah Makam Sisa 10 Persen

Leave a Reply

Your email address will not be published.