Pelajar Bogor Hanya Boleh Divaksin Pakai Sinovac dan Fpizer

by -
ILUSTRASI

METROPOLITAN.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor terus menggeber proses vaksinasi kepada pelajar. Hal itu seiring dengan akan diselenggarakannya Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas oleh Dinas Pendidikan (Disdik) dalam waktu dekat ini.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) pada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor Adang Mulyana mengatakan, pihaknya saat ini tengah fokus dalam proses vaksinasi kepada pelajar. Apalagi dalam waktu dekat ini akan digelar PTM terbatas oleh Disdik.

“Kurang lebih saat ini sudah ada 25 ribu pelajar yang sudah divaksin. Karena kita kebut juga untuk vaksinasi pelajar ini,” kata Adang, Selasa (31/8).

Untuk vaksinasi pelajar sendiri, lanjut Adang, tidak hanya difokuskan di Stadion Pakansari. Saat ini vaksinasi pelajar dapat dilakukan di Kecamatan atau puskesmas. Bahkan saat ini vaksinasi untuk pelajar menjadi prioritas.

Baca Juga  Camat Ngarep Jembatan Bojonggede Dipercepat

“Kalau di Stadion Pakansari seminggu bisa dua kali dengan jumlah target 5.000. Sedangkan kalau di kecamatan bisa lebih dari itu, jika satu kecamatan dalam sehari bisa 1.000 pelajar, maka jika 40 kecamatan bisa 40.000 pelajar,” paparnya.

Adang juga menambahkan target vaksinasi remaja di Kabupaten Bogor ini mencapai 560 ribu orang. Diharapkan hingga akhir tahun ini dapat terkejar, terlebih stok vaksin pelajar ini terbatas karena hanya dua jenis vaksin yang dapat digunakan oleh pelajar ini yakni sinovac dan fpizer sedangkan tiga jenis vaksin lainnya tidak diperkenankan.

“Untuk sinopharm, moderna dan astrazeneca ini tidak boleh digunakan untuk usia 18 tahun kebawah. Tapi alhamdulilah kemarin kita mendapatkan suplai cukup banyak vaksin fpizer dari pemerintah pusat,” kata Adang.

Baca Juga  Keterisian Ruang Isolasi Nyaris 100 Persen, Warga Diminta Saling Jaga

Data terakhir yang dimiliki stok vaksin yang dimiliki Dinkes yakni 25 ribu vial sekitar 100 ribuan dosis. Sehingga masih mencukupi untuk vaksinasi massal di kecamatan. (mam)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *