Pemkab Bogor Was-was, Pemerintah Pusat Rencanakan Pangkas DAK

by -

METROPOLITAN.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor harus kembali mengencangkan ikat pinggang jika rencana pemerintah pusat mengurangi transfer Dana Alokasi Khusus (DAK) direalisasikan di tahun anggaran 2022.

Bupati Bogor Ade Yasin mengaku telah menndapatkan informasi tersebut. Namun, lanjut dia, belum ada keterangan resmi dari pemerintah pusat terkait pengurangan DAK. Sehingga ia pun masih berharap tidak ada pengurangan transfer dari pemerintah pusat ke pemerintah daerah.

“Saya sudah mendapatkan informasi itu, tapi jangan sampai dipotong kalau bisa. Karena DAK itu peruntukannya sudah jelas dimana kebanyakan untuk sejumlah pembangunan infrastruktur,” kata Ade Yasin.

Ia mengaku saat ini pihaknya tengah konsentrasi kepada pemulihan ekonomi daerah. Sehingga diperlukan belanja negara agar ada perputaran uang di masyarakat dapat ikut serta meningkatkan perekononian masyarakat itu sendiri.

Baca Juga  Sebulan, 5.000 Pengendara Kena Tilang

“Kalau DAK dipotong memang memang tidak berpengaruh signifikan. Tetapi jika DAK itu maksimal maka akan sangat membantu kepada pemulihan ekonomi di Kabupaten Bogor,” paparnya.

Sementara itu, Komite Percepatan Pembangunan Strategis Kabupaten Bogor, Saepudin Muhtar menjelaskan, jika pemeerintah pusat benar-benar akan memotong DAK, maka Pemkab Bogor pun harus kembali melakukan penyelarasan kepada program yang nantinya bakal di potong.

“Pemotongan DAK itukan baru proyeksi, tapi kita tetap harus bersiap. Karena dengan pemotongan DAK tersebut dapat menggangu program-program yang sebelumnya telah direncanakan. Makanya diperlukan lagi penyelarasan,” kata dia.

Pria yang akrab disapa Gus Udin ini mengaku, belum dapat memprediksi jika transfer dari pemerintah pusat dipotong.

Baca Juga  Jenazah Saphira Indah Akan Dimakamkan Hari Ini

“Imbasnya nanti kita akan lihat, tapi mudah-mudahan tidak berefek panjang yah karena memang setelah kita melihat penurunan kasus penularan covid-19, ada rasa optimis karena jika PPKM tidak berlanjut ekonomi akan tumbuh terus,” ungkapnya. (mam)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *