Pemkot Bogor Batal Anggarkan Dana Bantuan Internet Gratis, Tapi…

by -
FOTO : Sandika/Metropolitan

METROPOLITAN.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor batal menganggarkan dana bantuan internet gratis bagi masyarakat Kota Bogor.

Kepastian itu disampaikan langsung Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bogor, Rahmat Hidayat.

“Iya (batal). Karena ada bantuan kuota gratis dari Kemendikbud,” kata Rahmat kepada Metropolitan.id, Minggu (1/8).

Menurutnya, kuota gratis bagi para pelajar itu rencananya akan disalurkan Kemendikbud pada bulan Agustus 2021 ini.

Adapun rincian bantuannya sebagai berikut, untuk peserta didik jenjang PAUD mendapatkan kuota gratis sebesar 7 Gb perbulan.

Selanjutnya, peserta didik jenjang pendidikan dasar dan menengah sebesar 10 Gb perbulan. Terakhir, pendidik jenjang PAUD serta pendidikan dasar dan menengah sebesar 12 Gb perbulan.

Baca Juga  Pansel Serahkan Tiga Nama Calon Kadis ke Wali Kota Bogor, Ini Nama-namanya

“Iya (kuota diberikan bulan ini). Kuota belajar ini diperuntukan bagi pelajar dan tenaga pendidik,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim menyambut baik bantuan kuota gratis yang bakal segera turun ini.

Sebab, Pemkot Bogor tidak menganggarkan bantuan wifi publik gratis ini dengan asumsi awal, tahun ajaran baru 2021/2022 digelar secara tatap muka.

Sebelumnya, Wali Kota Bogor, Bima Arya menyebut program wifi publik gratis yang terpasang di setiap RW bakal diperpanjang.

Selain untuk kebutuhan para pelajar mengikuti kegiatan belajar mengajar secara daring. Wifi publik gratis ini bertujuan untuk mempercepat program vaksinasi Covid-19.

“Sudah dianggarkan, kemarin saya minta dipercepat karena perlu bantuan juga untuk vaksinasi, karena vaksinaisi wilayah dan lain-lain itu perlu sambungan koneksi wifi juga,” kata Bima saat ditemui di Gedung Wanita Bogor, Rabu (28/7).

Baca Juga  Catat Nih, Semua Kegiatan Ibadah di Kota Bogor Dilakukan di Rumah Masing-masing

Disinggung soal besaran biaya yang dianggarkan, Bima menuturkan, bahwa anggaran yang disiapkan tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya.

“Saya belum cek lagi, nggak jauh beda lah kira-kira (dengan tahun lalu),” ujarnya.

Untuk diketahui, sejumlah warga Kota Bogor meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor memperpanjang bantuan internet gratis bagi para pelajar. Permintaan ini disampaikan mengingat proses belajar mengajar pada tahun ajaran baru 2021/2022 sudah dimulai sejak Senin (26/7).

Seperti diungkapkan Ketua RW 03, Kelurahan Menteng, Kecamatan Bogor Barat, Heni. Menurutnya, keberadaan internet gratis ini cukup membantu kebutuhan para pelajar dalam mengikuti proses belajar mengajar secara daring.

Untuk itu, ia meminta program wifi publik gratis ini diperpanjang selama proses belajar mengajar masih dilakukan secara daring.

Baca Juga  2 Orang PDP Corona di Kota Bogor Meninggal Dunia, ODP Melonjak

“Sebetulnya wifi tersebut sangat berguna bagi masyarakat, apalagi untuk para siswa maupun mahasiswa, banyak yang menggunakan wifi tersebut,” katanya kepada Metropolitan.id, Selasa (27/6).

“Kami berharap akses internet gratis tersebut bisa kembali aktif dipergunakan. Lokasinya kalau di kami di Posyandu,” ujarnya. (rez)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *