Peran Ibu dan BKB Sangat Penting Putus Mata Rantai Covid-19

by -

METROPOLITAN.id – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Bogor, Halimatu Sadiyah Iwan menilai peran ibu dan Bina Keluarga Balita (BKB) sangat penting dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Hal itu disampaikan Halimatu Sadiyah saat Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Bina Keluarga Balita (BKB) Kabupaten Bogor secara virtual di Ruang VIP Gedung Tegar Beriman, Selasa (24/8).

Halimatu Sadiyah mengajak para ibu untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dan gencar mengedukasikannya kepada masyarakat.

Lewat kegiatan ini, ia mengajak BKB meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para orang tua dalam mendidik dan mengasuh anak-anak, khususnya balita. Tujuannya, agar dapat menstimulasi perkembangan anak terlebih, di tengah kondisi pandemi Covid-19.

Baca Juga  Vaksinasi Massal Kota Bogor Dihentikan

“Selain penerapan prokes, para anggota dan kader PKK dituntut untuk meningkatkan kompetensi diri di bidang teknologi informatika agar siap menghadapi perubahan zaman serta dapat menciptakan generasi penerus berkualitas,” ujar Halimatu Sadiyah.

Menurutnya, dengan 10 program pokoknya, PKK memiliki tujuan agar setiap keluarga memiliki tata kehidupan dan penghidupan yang lebih baik. Salah satunya, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para orang tua dalam mendidik dan mengasuh anak.

“Melalui kegiatan ini diharapkan menjadi sumber rujukan, informasi dan konseling bagi keluarga dalam mengasuh dan mendidik balita, khususnya melatih mengoptimalkan tumbuh kembang anak,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil ketua II Penggerak PKK, Ema Sudrajat mengatakan, bimtek BKB yang digelar virtual ini diikuti para penggerak PKK dari 40 Kecamatan se-Kabupaten Bogor. Mereka diberi pelatihan dan pengetahuan mengenai literasi anak usia dini.

Baca Juga  KETUA KSU BAGI-BAGI ILMU SOAL KOPERASI

“Meskipun dilakukan secara virtual, kegiatan ini sangat efektif karena dikemas secara talk show sehingga para peserta bimtek dapat melakukan tanya jawab dengan Ketua PKK Kabupaten Bogor dan para narasumber,” tandasnya. (fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published.