PPKM Kota Bogor Turun ke Level 3: Mal Boleh Buka, Sekolah Masih Daring

by -

METROPOLITAN.id – Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim menuturkan, sejumlah pusat perbelanjaan modern atau mal yang ada di wilayah Kota Hujan sudah diizinkan beroperasi saat ini.

Keputusan ini diambil menyusul pengumuman yang disampaikan Pemerintah Pusat bahwa status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di wilayah aglomerasi Jabodetabek turun ke level 3 pada Senin (23/8) malam.

“Kemarin juga kan sudah diujicobakan dan ditinjau langsung oleh pak wali dan Kapolresta. Tinggal diatur teknisnya seperti apa (pengoperasionalan mal),” kata Dedie kepada wartawan Selasa (24/8).

Meski begitu, menurut Dedie, belum semua sektor mendapat relaksasi di tengah penurunan status PPKM Kota Bogor menjadi Level 3 ini. Salah satunya yakni terkait kegiatan belajar mengajar di sektor pendidikan.

Baca Juga  Penuhi Standar Internasional, Dua BUMD di Kota Bogor Raih Sertifikasi dari Kementerian BUMN

“PTM belum. Kita harus lebih cermat mempersiapkan PTM agar tidak terjadi gelombang baru,” ucapnya.

“Oleh karena itu diprioritaskan untuk mempercepat penyelesaian vaksin bagi warga Kota Bogor termasuk pelajar dan mahasiswa,” sambung Dedie.

Dalam waktu dekat ini, dilanjutkan Dedie, pihaknya akan menguatkan aturan sejumlah sektor yang sudah dan belum mendapatkan izin beroperasi di tengah masa penerapan PPKM Level 3.

“Nanti akan diturunkan dalam bentuk SE Walikota,” imbuhnya.

Dalam kesempatan ini, Dedie juga mengaku bersyukur atas pencapaian perubahan status PPKM Kota Bogor dari Level 4 menjadi Level 3.

Karena, upaya yang dilakukan Forkopimda Kota Bogor untuk menurunkan level Kota Bogor dari resiko tinggi ke sedang berhasil tercapai.

Baca Juga  Imbas Puluhan ASN Kota Bogor Terpapar Covid-19, Pemkot Bogor Batasi Perjalanan Dinas

Diharapkan, dengan upaya dan kerjasama yang telah dilaksanakan ini, mendapat dukungan dari masyarakat agar bersama-sama mempertahankan bahkan kalau bisa meningkatkan status zona Covid-19 di Kota Bogor menjadi hijau.

“Mari kita bersama-sama untuk terus mengupayakan status ke zona kuning dan hijau, serta mengupayakan Kota Bogor memasuki fase herd immunity,” ujarnya.

Sebelumnya, Pemerintah Pusat memutuskan memperpanjang PPKM mulai Selasa, 24 Agustus hingga 30 Agustus 2021. Meski demikian, sejumlah wilayah di Jawa dan Bali diturunkan statusnya dari Level 4 ke Level 3.

Keputusan tersebut disampaikan langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi) lewat pernyataannya tentang perkembangan PPKM terkini yang disiarkan langsung lewat akun Youtube Sekretariat Presiden, Senin (23/9).

Baca Juga  DPC Repdem Diskusi Bareng Dedie A Rachim Soal Covid-19

Untuk Pulau Jawa dan Bali, wilayah aglomerasi Jabodetabek, Bandung Raya, Surabaya Raya dan beberapa wilayah kota/kabupaten lainnya sudah bisa berada pada Level 3 mulai tanggal 24 agustus 2021.

“Untuk pulau Jawa dan Bali, ada perkembangan yang cukup baik. Level 4 dari 67 kabupaten/kota berkurang menjadi 51 kabupaten/kota. Level 3 dari 59 kabupaten/kota menjadi 67 kabupaten/kota dan level 2 dari 2 kabupaten/kota menjadi 10 kabupaten/kota,” ujar Jokowi. (rez)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *