PPKM Level 4, Kawasan Puncak Tetap Diperketat

by -

METROPOLITAN – Kawasan Puncak, Bogor yang men­jadi langganan destinasi wisata terpaksa masih harus diperketat. Hal tersebut disampaikan Bupati Bogor, Ade Yasin, saat mendampingi Kapolri Jenderal Lystio Sigit Prabowo saat meninjau akselerasi vaksinasi di IPB Uni­versity, Selasa (3/8).

Menurutnya, kebijakan tersebut menyusul diperpanjangnya Pemberlakuan Pembata­san Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 Meskipun Kabupaten Bogor masuk dalam Level 3. “Jadi gini, sebetulnya kan kita le­velnya tiga, tapi karena di Jabodetabek rata rata 4, maka kita harus samakan,” ujar Ade Yasin.

Jika wilayah Kabupaten Bo­gor dilonggarkan, sambung Ade Yasin, warga di daerah lain akan masuk ke Bogor. Hal ini dikhawatirkan membuat wilayahnya kembali menjadi zona merah. “Kalau kita long­garkan nanti daerah lain ma­suk ke kita dan malah nanti jadi merah. Jadi, kita harus seragam kebijakannya. Sama, belum ada kelonggaran,” ung­kapnya.

Baca Juga  Lagi, Presiden Jokowi Perpanjang PPKM Level 4 Hingga 9 Agustus

Sebelumnya, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masy­arakat (PPKM) Level 4 diper­panjang kembali hingga 9 Agustus 2021. Keputusan ter­sebut disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) lewat akun Youtube Sekretariat Pre­siden dari Istana Bogor, Senin (2/8).

Dalam pernyataannya, Jo­kowi menyebut PPKM Level 4 yang diberlakukan sejak 26 Juli hingga 2 Agustus 2021 telah membawa perbaikan di skala nasional. Perbaikan tersebut meliputi konfirmasi kasus harian, tingkat kasus aktif, kesembuhan hingga presentase ketersediaan tem­pat tidur rawat ataur BOR.

“PPPKM Level 4 yang diber­lakukan 26 Juli sampai 2 Agus­tus telah membawa perbaikan di skala nasional dibanding­kan sebelumnya, baik dalam hal konfirmasi kasus harian, tingkat kasus aktif, tingkat kesembuhan dan presentase BOR,” ujar Jokowi.

Atas dasar itu, pemerintah memutusakan melajutkan penerapan PPKM Level 4 ter­hitung mulai Selasa (3/8) hingga 9 Agustus 2021. “Oleh karena itu, dengan memper­timbangkan beberapa indika­tor kasus pada minggu ini, pemerintah memutuskan melanjutkan penerapan PPKM level 4 dari 3 sampai 9 Agustus 2021 di beberapa kabupaten/kota tertentu dengan penye­suaian pengaturan aktivitas dan mobilitas masyarakat sesuai kondisi masing-masing daeerah. Hal-hal teknis selang­kapnya akan diijelaskan men­ko dan menteri terkait,” ung­kapnya. (fin/yok/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published.