Sekolah Boleh Dibuka, Sekda: Tetap Waspada Covid-19 Varian Delta Masih Ada

by -
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor Burhanudin didampingi Kepala Dinas Pendidikan Juanda Dimansyah, saat menggelar rapat persiapan PTM.

METROPOLITAN.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor melalui Dinas Pendidikan (Disdik) tengah mempersiapkan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas dalam waktu dekat ini.

Dalam persiapannya Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Burhanudin meminta agar Disdik lebih hati-hati dalam menentukan kebijakan PTM terbatas. Hal itu mengingat masih ada beberapa kecamatan yang pertambahan kasus Covid-nya masuk ke dalam 10 besar atau masih tinggi.

“Kalaupun dibuka bagaimana prokes yang dilaksanakan, minimal protokol 5M itu sudah standar. Kemudian jika ada anak diukur suhunya tinggi, langkahnya harus seperti apa. Jadi harus paham, karena dalam pelayanan publik keselamatan manusia itu di atas segala-galanya,” kata Burhanudin.

“Saya minta ada semacam pemetaan wilayah. Misalnya sekolah A ini masuk kecamatan wilayah mana, kondisinya seperti apa, dan bagaimana cara menerapkan Protokol Kesehatannya,” sambung dia.

Baca Juga  SMPN 4 Galakkan Gerakan Sayang Lingkungan Sekolah

Dalam menentukan PTM ini, Burhan meminta agar Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Sekolah dan dewan sekolah melibat orang tua siswa dalam menentukan kebijakan PTM terbatas. Sehingga, lanjut dia, orang tua harus sama-sama mengontrol anaknya.

“Orang tua siswa harus mengetahui berapa jam mereka sekolah, jam berapa harus pulang ke rumah. Bisa saja mereka di sekolah tidak kena, tetapi kena saat berkerumun dengan teman-temannya di luar sekolah atau di jalanan,” paparnya.

Dengan begitu jika ada siswa yang positif, orang tua murid jangan menyalahkan sekolah karena dibuka. Menurutnya, semua jajaran termasuk dewan sekolah dan orang tua murid harus lakukan sosialisasi melalui berbagai macam cara. Mereka juga bersama-sama mengontrol pergerakan setiap anak, terutama setelah jam sekolah selesai.

Baca Juga  Waduh! Vaksinasi Covid-19 bagi Pengidap Komorbid di Kota Bogor Sepi Peminat

“Kita Insyaallah niatnya baik tapi jangan sampai hasilnya tidak baik, jadi rencana membuka sekolah harus betul-betul terukur, harus hati-hati dan tetap waspada, Covid varian delta masih ada,” ungkapnya. (mam)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *