Sekolah di Kecamatan Dramaga Siap Belajar Tatap Muka

by -

DRAMAGA – Sekolah di Ke­camatan Dramaga bakal meng­gelar Pembelajaran Tatap Muka (PTM) pada September 2021. Pelaksanaan PTM Ter­batas itu dilaksanakan setelah adanya surat edaran dari bu­pati Bogor tentang pedoman PTM Terbatas di masa Pra-Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3.

Kasi Pendidikan dan Kese­hatan Kecamatan Dramaga, Ine Handayani, menjelaskan sesuai edaran bupati Bogor bahwa PTM diperbolehkan dibuka untuk jenjang PAUD formal dan nonformal, SDN, SMP. Sesuai aturan, PTM untuk SDN dan SMP hanya boleh 50 persen dan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes). Sedangkan, PAUD formal dan nonformal, siswa yang boleh masuk hanya 30 persen. Selain itu, tenaga pendidik juga harus sudah disuntik vaksin.

Baca Juga  Bikin Sengsara Warga, PT JDG Ditutup

”Rencananya seluruh seko­lah di Kecamatan Dramaga bakal menggelar PTM di Sep­tember 2021 dengan tetap menerapkan prokes. Jika ada siswa yang terpapar, otomatis PTM berhenti agar tidak ter­jadi penyebaran wabah Co­vid-19,” tegasnya.

Ine mengungkapkan dari hasil monev di lapangan, untuk segi infrastruktur sudah me­madai, termasuk faktor pen­dukung prokes seperti alat cuci tangan di sekolah sudah me­madai untuk menggelar PTM.

Teknisnya, ia menyebut hal itu menjadi hak prerogatif sekolah. Sebab, yang menge­tahui detail sekolah bisa tek­nisnya siswa masuk sekolah berganti atau disif. ”Jika ada orang tua siswa yang menolak anaknya ikut PTM tentunya tidak bisa digelar PTM. Sebab, salah satu syarat PTM yakni sekolah harus mengantongi surat izin dari orang tua siswa,” ungkapnya.

Baca Juga  Diguyur Hujan Es, Ratusan Rumah di Dramaga Rusak

Ia menambahkan, selain izin orang tua siswa, tenaga pen­didik juga wajib divaksin. Saat ini, untuk tenaga pendidik sudah semuanya divaksin, tinggal siswanya yang belum. ”Ketika PTM digelar, PR ke depan siswa semuanya bisa disuntik vaksin. Target utama untuk pelaksanaan vaksin yakni siswa SMP,” tandasnya. (ads/b/suf/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published.