XL Axiata Jalin Kerja Sama dengan Grab dan Tokopedia

by -

METROPOLITAN – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) men­jalin kerja sama strategis dengan Grab dan Tokopedia untuk meningkatkan kualitas layanan kepada pelanggan dan seka­ligus mendorong penjualan.

Kerja sama dengan dua pe­rusahaan teknologi terkemu­ka di Indonesia itu merupakan langkah yang ditempuh XL Axiata untuk menyesuaikan diri dengan tren belanja ma­syarakat melalui saluran digi­tal.

Dalam kerja sama ini, ke­duanya akan berperan sebagai modern channel master ag­gregator yang akan mendukung perluasan dan pengembangan distribusi penjualan produk XL Axiata ke seluruh saluran distribusi di bawah masing-masing, sehingga diharapkan juga akan bisa meningkatkan akuisisi pelanggan.

Kerja sama ini efektif berjalan mulai Juli 2021. Kerja sama ini sekaligus melengkapi rang­kaian perayaan XL Axiata me­masuki usia 25 tahun dalam upaya Membangun Indonesia Digital.

Director & Chief Commer­cial Officer – Consumer XL Axiata, David Arcelus Oses, mengatakan bahwa kerja sama dengan dua perusahaan besar berbasis teknologi digital di Indonesia ini sangat strategis dan menjanjikan bagi peng­embangan bisnis XL Axiata.

“Grab dan Tokopedia meny­ediakan ekosistem yang sang­at lengkap, yang bisa mencip­takan berbagai kemudahan bagi pelanggan dalam menda­patkan produk-produk XL Axiata, sekaligus akan bisa mendorong penjualan. Kami berharap, kerja sama ini pada akhirnya akan bisa mening­katkan pertumbuhan expo­nensial pada market share XL Axiata,” ujar David, Senin (23/8).

Menurutnya, sebagai partner, Grab dan Tokopedia juga me­miliki kesamaan visi untuk bersama-sama mengambil manfaat dari trend belanja online yang saat ini terus me­ningkat di Indonesia.

Baca Juga  Jelang Ajang Bergengsi di Sirkuit Mandalika, XL Axiata Perkuat Jaringan 4G

Tren ini antara lain terdorong situasi dan kondisi di mana Covid-19 masih mewabah dan memaksa masyarakat luas untuk beraktivitas secara pro­duktif dan memenuhi kebu­tuhan hidup sehari-hari tanpa perlu keluar dari rumah.

Lewat kerja sama ini, nanti­nya Grab dan Tokopedia akan membantu distribusi produk XL Axiata, antara lain paket data dan kartu perdana, lewat seluruh mitra bisnis modern channel yang mereka miliki. Antara lain teknologi finan­sial dan startup, logistik, area expansion, mitra B2B, mer­chant, hingga mitra penge­mudi.

Sementara itu, Director of Partnership & Business Deve­lopment Grab Indonesia, Ker­tapradana Subagus, menga­takan bahwa Grab berkomit­men untuk menghadirkan layanan dan produk yang dapat mempermudah kegia­tan harian masyarakat. Produk digital telah menjadi salah satu kebutuhan sejalan dengan tren aktivitas online yang terus meningkat di tengah pandemi.

“Melalui kerja sama ini, Grab dapat memperluas penawaran berbagai produk digital XL Axiata ke dalam ekosistem kami, mulai dari mitra penge­mudi, mitra merchant, agen, hingga konsumen. Kami ber­harap, kolaborasi ini dapat mempermudah masyarakat untuk mengakses berbagai produk digital dan turut mengembangkan ekonomi digital tanah air,” terangnya.

Grab telah menghadirkan produk digital sebagai bagian dari Grab for Business yang sebelumnya dikenal sebagai Grab Digital Business. Layanan ini telah hadir lebih dari tiga tahun untuk melayani ekosis­tem Grab di Asia Tenggara dan menjangkau 500 kota di Indo­nesia.

Baca Juga  Kemenag Dukung Madrasah Goes to Digital

Sebagai aggregator digital, layanan ini menyalurkan dan menyediakan berbagai produk digital bagi perusahaan se­perti pulsa, paket data, pem­bayaran tagihan, voucher mitra pengemudi, voucher game, dan voucher GrabGifts dengan koneksi Single Appli­cation Programming Interface (API). “Sebagai modern chan­nel master aggregator bagi XL Axiata, sekarang perusahaan dapat mengintegrasikan pro­duk XL Axiata secara langsung sebagai tambahan dari ber­bagai produk digital yang telah tersedia di Grab for Business. Grab juga menghadirkan custo­mer support yang siap sedia 24 jam seminggu untuk me­layani perusahaan dan para pelaku usaha individu yang menggunakan layanan ini,” katanya.

Head of Digital Goods Toko­pedia, Katherina Tjin, menje­laskan kemitraan antara To­kopedia dengan XL Axiata ini sejalan dengan komitmen Tokopedia sebagai perusa­haan teknologi Indonesia un­tuk #SelaluAdaSelaluBisa membantu masyarakat me­menuhi kebutuhan sehari-hari, termasuk produk digital dari XL Axiata, di mana pun kapan pun.

Selain itu, kemitraan ini juga diharapkan dapat memper­mudah seluruh mitra strategis di ekosistem Tokopedia dalam melakukan distribusi produk digital melalui mekanisme terintegrasi yang aman dan mudah.

“Sekaligus menjadi kunci dalam menghadapi pandemi sekaligus berkontribusi pada pemulihan perekonomian Indonesia,” beber Katherina.

Sebagai modern channel master aggregator bagi XL Axiata, Tokopedia menawarkan mekanisme yang aman dan mudah diintegrasi dengan sistem yang stabil dan terser­tifikasi ISO serta harga yang kompetitif.

Di sisi lain, Tokopedia juga telah menyediakan 42 produk digital untuk mempermudah kehidupan lebih dari 100 juta masyarakat Indonesia setiap bulannya. Berbagai produk dan layanan Tokopedia ini pun telah berhasil menjangkau lebih dari 99 persen kecama­tan di Indonesia.

Baca Juga  XL Axiata Wakafkan Jembatan Buat Warga di Pelosok Lebak Banten

Kerja sama ini juga akan memberikan manfaat lebih kepada pelanggan. Dengan ekosistem yang sangat kuat di Indonesia, Grab dan Tokope­dia akan memudahkan ma­syarakat dan pelanggan XL Axiata untuk memperoleh produk XL Axiata di semua mitra dan ekosistem milik ke­duanya.

Ke depannya, akan ada fitur baru dalam kerja sama ini yang memudahkan setiap pelang­gan mendapatkan promo pe­nawaran yang sudah disesu­aikan dengan profil dan kebu­tuhan masing-masing pelang­gan.

Pelanggan cukup klik atau memilih promo tersebut dan melakukan pembayaran. Ben­tuk penawaran seperti ini ha­nya akan ada secara eksklusif di saluran milik Tokopedia dan Grab.

Saat ini XL Axiata memiliki lebih dari 56 juta pelanggan, yang ditopang lebih dari 156 ribu BTS, termasuk lebih dari 65 ribu BTS 4G.

Jaringan 4G LTE XL Axiata juga terus diperluas, dan saat ini sudah mencapai lebih dari 458 kota/kabupaten di berbagai wilayah di Indonesia.

XL Axiata juga terus berin­vestasi untuk jaringan fiber, transmisi, backhaul, moder­nisasi jaringan, dan berbagai upgrade jaringan lainnya un­tuk meningkatkan stabilitas, kapasitas jaringan, dan kuali­tas layanan data seiring dengan terus meningkatnya trafik layanan data. (*/fin/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *