100 Tenaga Kesehatan dari TNI AD Turun ke Bogor, Ternyata Ini yang Bakal Dilakukan

by -

METROPOLITAN.id – Kabupaten Bogor kedatangan 100 orang tenaga kesehatan (nakes) dari TNI Angkatan Darat (AD). Rupanya, mereka bakal membatu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor untuk melaksanakan percepatan vaksinasi Covid-19.

Kedatangan para nakes ini disambut langsung Bupati Bogor Ade Yasin di Gedung Serbaguna I Setda, Cibinong, Minggu (19/9).

Dalam penyambutan ini, hadir juga Kapolres Bogor AKBP Harun, Dandim 0621 Letkol Inf Sukur Hermanto, pewakilan dari Puskes TNI Wisma Atlet Letkol Hari, Camat Cibinong, Camat Cileungsi, Camat Gunungputri dan Camat Citeureup.

Para nakes dari TNI AD ini akan membantu pelaksanaan vaksinasi di 4 Kecamatan besar, yakni Kecamatan Cibinong, Citeureup, Gunungputri dan Cileungsi.

Bupati Bogor,m Ade Yasin mengatakan, Kabupaten Bogor merupakan kabupaten dengan jumlah penduduk terbesar di Indonesia yang mencapai 5,5 juta jiwa.

Baca Juga  Kemenkes Temukan 35 Ribu Terduga Tuberkulosis

Untuk cakupan vaksinasi di Kabupaten Bogor saat ini, sudah mencapai 1.716.865 juta atau 20,21 persen.

Jika dibandingkan dengan kota lain, jumlah tersebut bisa mencapai 100 persen. Karena besarnya jumlah penduduk, Ade Yasin mengaku diminta omSatgas Covid pusat harus mampu melaksanakan vaksinasi 100 ribu per hari.

“Bayangkan 100 ribu per hari yang harus divaksin, ini tantangan buat kita menuju Indonesia Sehat. Kita sekuat tenaga dengan nakes yang ada, tadinya kita punya 1.076 Nakes, alhamdulilah ketika koordinasi dengan lembaga kesehatan, termasuk RS Swasta, klinik, asosiasi bidan, nakes kita ditambah 600 orang. Totalnya saat ini jadi 1.676 nakes, ini kekuatan kita, dengan jumlah yang minim kita mampu melaksanakan vaksinasi 50 ribu orang per hari,” terang Ade Yasin.

Baca Juga  Warga Semringah Layanan Vaksinasi PKS Cepat dan Nyaman

Menurutnya, 100 orang nakes dari Mabes TNI AD akan dibagi menjadi 4 tim yang sudah diatur oleh Satgas Covid-19 Kabupaten Bogor.

Setiap titik pelaksanaan vaksinasi akan diterjunkan 25 orang nakes dan akan ditempatkan di 4 kecamatan besar yang merupakan kecamatan yang perbatasan dengan Jakarta.

“Pelakaanaan vaksinasi ini harus kita tingkatkan, salah satunya dengan meminta bantuan kepada Mabes TNI untuk menambah nakes yang memang sangat kurang di Kabupaten Bogor untuk menangani target vaksinasi 4,2 juta penduduk Kabupaten Bogor atau setara dengan 8,451 juta dosis vaksinasi. Rencananya paling lambat Desember bisa tercapai targetnya,” ungkapnya.

Ade Yasin menjelaskan, 100 orang nakes dari TNI AD ini rencana bertugas selama 30 hari hingga Oktober mendatang.

Baca Juga  Camat Ciseeng Targetkan Vaksin 1.500 Warga

“Mudah-mudahan bisa diterima dengan baik, sekali lagi saya ucapkan alhamdulilah dan terima kasih kepada para nakes yang telah bersedia terjun ke Kabupaten Bogor. Selamat datang di Kabupaten Bogor,” kata Ade Yasin.

Sejauh ini, kerjasama antara Pemkab Bogor, TNI dan Polri dalam pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Bogor berjalan sangat baik.

“Bahkan Dandim targetnya ke Danramil juga tinggi, Kapolres Bogor ke Kapolsek juga tergetnya tinggi. Begitu juga dengan Pemkab Bogor, 101 Puskesmas juga tinggi target vaksinasinya, termasuk juga kecamatan diminta untuk menyelenggarakan vaksin 2.000 orang per hari,” tandasnya. (fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *