138 Peserta Jadi Juara Lomba MTQ ke-40 Kota Bogor, 46 Peserta Disiapkan ke MTQ Jabar 2022

by -

Perhelatan Lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-40 tingkat Kota Bogor 2021 secara resmi telah selesai. Sebanyak 138 peserta terpilih jadi juara dalam ajang tahunan Kota Bogor tersebut. Ke-138 peserta ini merupakan pemenang terbaik satu, dua dan tiga dalam ajang Lomba MTQ ke-40 Kota Bogor. Mereka berhasil menyingkirkan ratusan peserta santri dan santriwati perwakilan dari masing-masing ponpes di enam kecamatan di Kota Bogor.

“TOTAL ada 138 pemenang. Mereka merupakan pemenang terbaik satu, dua dan tiga,” kata anggota Dewan Hakim MTQ ke-40 tingkat Kota Bogor, Badri Al Asy’ari, Senin (20/9). Selain mendapatkan piala, pemenang Lomba MTQ ke-40 Kota Bogor ini juga menda­patkan uang pembinaan yang diberikan sesuai raihan juara yang didapat.

Bagi peserta terbaik satu, sambung Badri, mereka nanti­nya akan disiapkan untuk lanjut mengikuti ajang Lom­ba MTQ tingkat Jawa Barat (Jabar) 2022. “Total yang nanti dikirim ke Jabar kan terbaik satu. Jadi jumlahnya 46 laki dan perempuan,” ujarnya. Sebelum mengikuti lomba yang rencananya di­gelar pada April 2022, ke-46 peserta terbaik ini nantinya diberikan pembinaan dalam mengikuti ajang Lomba MTQ Jabar 2022. “Nanti ada pem­binaan dari masing-masing cabang oleh pembina yang diberikan tugas,” ujarnya.­

Sekadar diketahui, seba­nyak 485 santri dan santri­wati mengikuti ajang Lomba MTQ ke-40 tingkat Kota Bogor 2021. Kegiatan yang berlangs­ung di PPIB dan Masjid Raya Bogor itu dimulai Rabu hing­ga Sabtu (15-18/9).

Anggota Dewan Hakim MTQ ke-40 tingkat Kota Bogor, Ah­mad Fathoni, menuturkan, sebanyak 485 santri dan san­triwati ini mengikuti delapan cabang yang diperlombakan. Di antaranya cabang tilawah Alquran yang terbagi atas ka­tegori golongan murottal da­sar, anak-anak, remaja, de­wasa serta cacat netra. Total ada 116 peserta.

Lalu, cabang qiroat Alquran terbagi atas kategori golong­an remaja murottal, dewasa murottal dan dewasa mujaw­wad. Total ada sebanyak 58 peserta. Selanjutnya cabang hafiz Alquran terbagi atas kategori golongan 1 juz dan tilawah, 5 juz dan tilawah, 10 juz, 20 juz serta 30 juz. Total ada sebanyak 107 peserta. Kemudian cabang tafsir Al­quran terbagi atas kategori golongan bahasa Arab juz 12, bahasa Inggris juz 11 dan ba­hasa Indonesia juz 13. Total ada sebanyak 36 peserta.

Seterusnya cabang fahm Alquran diikuti 24 peserta. Lalu, cabang syarh Alquran diikuti sebanyak 24 peserta. Kemudian cabang khat Alquran terbagi atas kategori golong­an naskah, hiasan mushaf, dekorasi serta kontemporer. Total ada sebanyak 96 pe­serta.

Terakhir, cabang makalah Alquran sebanyak 24 peserta. “Jadi, total semua peserta itu berjumlah 485 orang, terdiri dari santri dan santriwati. Me­reka ini nantinya akan mem­perebutkan juara satu di 23 kategori (laki-laki dan perem­puan) yang diperlombakan,” katanya. (rez/eka/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *