Ade Yasin Ajak Warga Puncak Ikut Bahas Ganjil Genap

by -
Petugas berjaga saat uji coba sistem ganjil genap di Simpang Gadog menuju Puncak, Kabupaten Bogor, Sabtu (4/9). (Foto: Giffar/Metropolitan)

METROPOLITAN.id – Penerapan ganjil genap di kawasan wisata Puncak Kabupaten Bogor, mendapatkan reaksi keras dari warga setempat terutama para pelaku usaha. Hal tersebut diakui Bupati Ade Yasin.

“Jadi ada penolakan dari warga, dari beberapa organisasi yang menamakan Puncak Ngahiji,” kata Ade Yasin.

Menurutnya, respon tersebut adalah hal yang sangat wajar terjadi. Pemerintah pun siap membuka ruang kepada masyarakat yang tinggal dikawasan puncak yang keberatan dengan ujicoba tersebut.

“Jadi rencananya kami akan ada pertemuan dengan mereka hari Rabu (besok-red). Kita akan membahas dan mencari solusi terbaik kaitan persoalan di puncak. Karena saat ini masih sebatas ujicoba,” paparnya.

Pertemuan nanti, lanjut Ade, akan menjadi bahan kajian untuk kemudian diserahkan kepada kementerian terkait. Sebab, pemerintah daerah hanya sebagai pelaku, keputusan kaitan uji coba ganjil genap tetap berada di tangan pusat.

Baca Juga  Memulihkan Ketajaman!

“Kami pun menyadari tidak bisa terburu-buru, tidak bisa sembarangan memberlakukan kebijakan. Ini perlu kajian yang komprehensif agar tidak ada yang dirugikan,” kata dia.

“Terutama mereka para pelaku usaha yang jangan sampai malah semakin terpuruk dengan kebijakan pemerintah ini,” tambahnya.

Diketahui, pada ujicoba penerapan ganjil genap tersebut, ada tujuh titik lokasi pemeriksaan. Yakni pintu Tol Ciawi, Simpang Gadog, Rainbow Hills, pos penutupan arus Cibanon, pos penutupan arus Bendungan, dan dua lokasi di Kawasan Sentul.

Sementara itu, Kapolres Bogor, AKBP Harun mengklaim ujicoba yang dilakukan pada akhir pekan lalu mulai Jumat hingga Minggu itu mampu mengurangi volume kendaraan yang masuk ke Puncak sekitar 30 persen.

Baca Juga  Nikahan di Bogor Cuma Boleh Dihadiri Maksimal 150 Orang, Waktunya 3 Jam

“Rencananya ini dilakukan selama dua pekan sampai akhir pekan ini,” kata Harun.

Selain ganjil-genap, Harun juga mengatakan jika pihaknya melakukan pemeriksaan surat rapid test antigen atau surat vaksinasi kepada setiap pengunjung yang akan memasuki kawasan Puncak.

“Petugas semua disebar untuk memeriksa semua yang masuk ke Puncak,” kata Harun. (mam)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *