AGSI Minta Passing Grade Seleksi PPPK Guru Diturunkan

by -

METROPOLITAN – Asosia­si Guru Sejarah Indonesia (AGSI) menilai passing grade seleksi guru skema Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) masih tinggi. Kekhawatiran tidak lolos itu pun muncul pasca mengikuti seleksi tersebut.

Presiden AGSI, Sumardian­syah Perdana Kusuma, me­minta pelaksana menurunkan passing grade. Ia berharap passing grade turun sampai di bawah standar rata-rata skor yang diperoleh guru. “Mudah-mudahan passing grade di bawah standar, ka­rena saya dapat info sebagian teman-teman di bawah stan­dar untuk tes bidang,” katanya dalam telekonferensi pers, Selasa (14/9).

Akan tetapi, Sumardiansyah ingin melihat seberapa ting­gi skor yang dapat dicapai para guru. Apabila di bawah rata-rata, pihaknya akan mela­kukan upaya atau melakukan komunikasi kepada pemerin­tah dan pihak terkait. “Itu setelah kita punya data na­sional. Artinya setelah seleksi­nya selesai tahap akhir, be­rapa sih rata-rata skor yang diperoleh guru honorer. Apa­kah lolos passing grade, apa­kah di bawah passing grade atau justru minimal passing grade,” tambahnya.

Baca Juga  4.900 Rumah Subsidi Guru di Jabar Siap Dihuni

Menurutnya, afirmasi dip­erlukan untuk mempermudah guru honorer lolos sebagai PPPK. Apalagi, kebutuhan guru Aparatur Sipil Negara (ASN) juga cukup besar. Pe­merintah diharapkan dapat memberikan afirmasi lain, seperti kepada guru yang me­miliki NUPTK, sertifikasi pen­didik, lama mengabdi dan usia.

“Afirmasi bisa jadi kebijakan, dispensasi supaya teman-teman bisa masuk dalam gerbong PPPK,” ungkap Su­mardiansyah.

Menurutnya, pemerintah jangan hanya berpatokan pada kompetensi semata, namun tidak melihat lama guru yang mengabdi. ”Per­soalan kompetensi pemerin­tah seharusnya melakukan itu secara berkelanjutan, tapi soal pengabdian, soal kesa­baran, totalitas tidak bisa dibayar dengan apa pun. Kompetensi bisa dilatih, tapi pengabdian sekian puluh ta­hun tidak bisa diukur dengan apa pun,” pungkasnya. (jp/feb/py)

Baca Juga  Kabar Gembira, Guru non PNS Dapat Insentif Rp2,4 Juta Lewat ATM Pancakarsa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *