Aplikasi P-Care Vaksinasi Persingkat Waktu dalam Pendataan Proses Vaksinasi

by -
Petugas Vaksin Covid-19, Ridwan. (Foto:Giffar/Metropolitan)

METROPOLITAN.id – BPJS Kesehatan sebagai badan yang ditunjuk langsung oleh Pemerintah untuk membantu percepatan proses vaksinasi Covid-19 terus berkomitmen memberikan dukukan terhadap langkah pemerintah melalui penyediaan aplikasi Primary Care (P-Care) Vaksinasi Covid-19.

Aplikasi tersebut bermanfaat membuat pelaksanaan vaksinasi menjadi lebih menghemat waktu dan tenaga, sehingga terskrining dan terlapor dengan baik di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdikcapil) Kota Bogor.

Kemudahan tersebut juga dirasakan oleh Petugas Administrasi dari Puskesmas Semplak Muhamad Ridwan yang ditemui saat pelaksanaan vaksinasi massal yang diselenggarakan oleh Harian Metropolitan bersama Gerakan Anak Negeri yang berkolaborasi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, juga tidak luput dari peran BPJS Kesehatan.

Baca Juga  Punya Potensi Atasi Permasalahan, Gus Udin Ajak Kader Ulama Bogor Ambil Peran dalam Pembangunan Daerah

Menurutnya, aplikasi Pcare sangat mudah digunakan dengan langsung terhubung data kependudukannya, sehingga tidak ada lagi kesulitan dalam penginputan data yang memakan waktu.

“Selain memudahkan pendataan, apliaksi P-Care Vaksinasi Covid-19 juga dapat digunakan untuk skrining, melalui aplikasi P-Care pertanyaan skriningnya terbuka dan diperluas sehingga tidak mempersulit dalam proses skrining dari calon penerima vaksin.

Tidak hanya itu, melalui aplikasi P-Care Vaksinasi begitu selesai pelayanan kita bisa langsung tarik data, berapa banyak peserta yang telah kita suntikkan dan berapa sisa stok vaksin yang tersedia, sehingga dapat kita data satu persatu,” kata Ridwan, Rabu (22/09).

Ridwan menjelaskan ketika dalam pelaporannya aplikasi P-Care Vaksinasi sangat membantu dalam pencatatan hasil pelaksanaan vaksinasi sehingga semuanya sudah tercatat di dalam sistem.

Baca Juga  Ini Dia Empat Kader PKS Cabup Bogor 2018

Sehingga begitu pelaksanaan vaksin selesai dengan menggunakan aplikasi P-Care pihaknya bisa langsung menarik data peserta vaksin sehingga tidak perlu mengerjakan secara manual.

“Mudah dan simpel, saya sudah jadi administrator dalam gerakan vaksinasi massal di Kota Bogor sejak akhir Februari tahun lalu, P-Care Vaksinasi sangat membantu untuk mempersingkat waktu penginputan data maupun pelaporan karena dengan aplikasi P-Care kita bisa langsung menarik data sebagai luaran laporan,” ungkap Ridwan.

Ridwan menjelaskan, di Kota Bogor sendiri hampir 80 persen masyarakat yang telah divaksin dianjurkan menggunakan P-Care dalam proses skriningnya. Dengan adanya aplikasi tersebut, Ridwan merasa dimudahkan untuk melakukan pelaksanaan vakasinasi kepada masyarakat. (cr1/c/ryn)

Leave a Reply

Your email address will not be published.