Asyik! Tempat Wisata di Bogor Bakal Dibuka

by -

METROPOLITAN.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor berencana melakukan uji coba pembukaan sejumlah tempat wisata yang ada di wilayah Kota Bogor. Keputusan ini diambil mengingat status PPKM Kota Bogor saat ini berada di Level 3.

Apalagi, berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 39 tahun 2021, pemerintah berencana akan melakukan uji coba protokol kesehatan untuk tempat wisata tertentu.

“Seiring dengan situasi Covid yang makin baik, akan dilakukan uji coba 20 tempat wisata di kota dengan level 3 dengan penerapan prokes ketat dan implementasi platform PeduliLindungi,” kata Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Panjaitan Senin (6/9).

Baca Juga: Bogor Bakal Uji Coba Buka Tempat Wisata, Pengusaha: Lebih Cepat Lebih Baik

Baca Juga  Bos bareng Penggawa Kadin Kota Bogor Sambangi Kantor Kejari, Ada Apa?

Menanggapi itu, Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim mengaku, pada prinsipnya pihaknya akan mengikuti ketentuan dari Satgas Nasional dan kebijakan Pemerintah Pusat terkait uji coba pembukaan sejumlah tempat wisata tersebut.

“Kalau untuk waktunya kapan dilakukan uji coba kita menyesuaikan dengan kebijakan dan tim Provinsi atau Pusat,” kata Dedie, Selasa (7/9).

“Kita juga sedang koordinasikan dengan pelaku usaha pariwisata di Kota Bogor,” sambungnya.

Disinggung apakah sektor wisata tertentu yang akan dilakukan uji coba pembukaan ini, Dedie menuturkan jika semua sektor wisata akan diperjuangkan pihaknya untuk dilakukan uji coba. “Semua tanpa terkecuali,” tandas mantan Direktur KPK tersebut.

Untuk diketahui, dalam Inmendagri Nomor 39 tahun 2021, pemerintah berencana akan melakukan uji coba protokol kesehatan untuk tempat wisata tertentu dengan ketentuan sebagai berikut:

Baca Juga  Bertahun-tahun Parkir Liar di Jalan Tegar Beriman Ngak Beres-beres

1. mengikuti protokol kesehatan yang diatur oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dan Kementerian Kesehatan;

2) wajib menggunakan aplikasi Peduli Lindungi untuk melakukan skrining terhadap semua pengunjung dan pegawai;

3) Anak <12 tahun dilarang untuk memasuki tempat wisata yang dilakukan uji coba ini; dan

4) daftar tempat wisata yang akan mengikuti uji coba ini ditentukan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. (rez)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *