Bau Korupsi Pengadaan Batik Guru Menyeruak, Polisi Lakukan Penyelidikan

by -

METROPOLITAN – Bau korupsi pengadaan baju ba­tik guru 2021 di Dinas Pen­didikan (Disdik) Kabupaten Bogor menyeruak. Polisi pun melakukan penyelidikan untuk memastikan dugaan korupsi tersebut. Informasi yang dihimpun, kasus ini sudah tercium kepolisian sejak beberapa bulan lalu.

Kasat Reskrim Polres Bogor, AKP Handreas Ardian, mem­benarkan informasi tersebut. Menurutnya, kasus dugaan korupsi ini muncuat usai adanya aduan masyarakat mengenai belanja baju ba­tik guru pada Juni. “Sudah dari bulan enam dapat informasi itu (aduan masyarakat, red),” ujarnya.

Ia mengaku sudah memang­gil sejumlah saksi. Pemang­gilan dilakukan untuk meng­klarifikasi dugaan korupsi pengadaan batik guru pada tahun anggaran 2021 senilai Rp2,2 miliar itu. Sejauh ini sudah lebih dari tiga saksi yang dimintai keterangan. Salah satunya mantan Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupa­ten Bogor, Entis Sutisna. Se­mentara yang lainnya berasal dari pihak konveksi dan ke­pala sekolah.

Baca Juga  Rugikan Negara Rp570 Juta Kejari Tahan 5 Tersangka Duit Penanganan Pemukiman Kumuh Disunat

“Sudah kita panggil ada dari pihak konveksi, pihak Dinas Pendidikan (mantan kadisdik) dan salah satunya kepala se­kolah,” terangnya. “Kalau dari saksi mereka memberikannya secara ideal saja ya, normatif. Tapi yang jelas nanti kita akan menemukan unsur hasil audit,” sambungnya.

Bahkan, kepolisian kini menunggu hasil audit dari Ba­dan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Jawa Barat (Jabar) untuk melihat kemungkinan adanya kerugian negara dalam pengadaan ter­sebut. “Kita sambil nunggu audit dari BPKP Jabar untuk mengetahui adanya kerugian negara atau tidak,” tandas Han­dreas. (fin/eka/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *