Belum Boleh Buka, Ada Sekolah di Kota Bogor Uji Coba PTM, Ini Kata Kadisdik

by -

METROPOLITAN.id – Kabar adanya uji coba Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di salah satu Sekolah Dasar (SD) di kawasan Kecamatan Bogor Barat, Senin (6/9), sampai ke telinga Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor, Hanafi.

Menurutnya, hingga saat ini Kota Bogor belum memastikan pelaksanaan uji coba PTM untuk tingkat SD dan SMP lantaran masih melakukan verifikasi.

Ia juga belum menerima laporan dan menampik ada sekolah di Kota Bogor yang sudah melakukan uji coba PTM.

“Ah, nggak ada. Masih verifikasi,” katanya saat dikonfirmasi Metropolitan.id, Senin (6/9).

Ditanya soal jika memang ada sekolah yang terlebih dahulu melakukan uji coba PTM, ia mengaku pihaknya belum menyiapkan sanksi lantaran masih melakukan verifikasi sekolah sebelum pelaksanaan PTM.

“(Jadi) jangan dulu bicara sanksi lah, kan sedang verifikasi,” imbuhnya.

Baca Juga  Wuih.. Bima Arya Diberi Predikat Wali Kota Paling Berpengaruh Tahun 2021

Beberapa waktu lalu pun ia sempat menyebut bahwa Pemkot Bogor bakal melakukan uji coba PTM terbatas kembali pada pekan kedua September 2021.

Namun rencana uji coba ini hanya diterapkan bagi pelajar SMP Negeri di Kota Bogor. Hanafi mengatakan, pelaksanaan PTM di Kota Bogor akan mengacu pada Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri dan Instruksi Mendagri Nomor 38 Tahun 2021 terkait Level Pemberlakun Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Menurutnya, saat ini status Kota Bogor sudah masuk PPKM Level 3. Sehingga memungkinkan untuk dilakukan PTM terbatas 50 persen kapasitas siswa di sekolah, dengan durasi belajar mengajar dalam satu hari hanya 3 jam.

“Lalu, dalam satu pekan itu hanya dua kali. Ya
api tetap melihat dari kondisi kasus Covid-19. (Kalau terus melandai) bisa juga dilakukan lima hari dalam sepekan,” tandasnya.

Baca Juga  GKI Pengadilan Bogor Barat Resmi Dibangun, Ditarget Bisa Digunakan Tahun 2022

Sebelumya, di tengah belum pastinya pelaksanaan uji coba Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di Kota Bogor, salah satu Sekolah Dasar (SD) negeri di kawasan Kecamatan Bogor Barat dikabarkan sudah menggelar uji coba PTM, Senin (6/9).

Hal itu dibenarkan salah satu wali murid siswa SD negeri di kawasan Kecamatan Bogor Barat, D (42), bahwa anaknya diwajibkan datang ke sekolah untuk melaksanakan uji coba PTM, Senin (6/9) pagi.

Meskipun hanya berlangsung selama satu jam, ia mengaku khawatir lantaran sepengetahuannya, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melalui Dinas Pendidikan (Disdik) belum mengeluarkan izin pelaksanaan uji coba PTM tingkat SD.

“Apalagi anak saya ini kan kelas 1 SD. Setahu saya kalaupun diperbolehkan infonya hanya kelas 4,5 dan 6 saja. Tapi ini ke sekolah. Katanya untuk uji coba,” katanya kepada Metropolitan.id, Senin (6/9).

Baca Juga  MUI Kota Bogor Dukung Surat Edaran Menag Yaqut soal Pengeras Suara Masjid: Aturan Itu Bukan Hal Baru, dari Dulu Sudah Ada

Ia juga menyayangkan masih ada sekolah yang nekat menyelenggarakan uji coba meskipun belum ada kepastian pelaksanaan PTM. Menurutnya, tidak hanya SD di tempat anaknya bersekolah saja, tapi beberapa SD negeri dalam satu kawasan pengawas di kecamatan yang sama.

“Ya intinya khawatir lah. Kalau belum ada kepastian jangan dulu. Mudah-mudahan ini langsung diketahui dan dievaluasi oleh pemerintah,” tukas D.

Saat dikonfirmasi, Camat Bogor Barat Abdul Rahman mengaku belum mengetahui dan belum ada laporan terkait informasi tersebut. Ia juga mengaku baru akan melakukan pengecekan terhadap informasi tersebut.

“Saya belum cek. Belum ada laporan. Di Diknas coba boleh ditanyakan,” singkatnya. (ryn)

Leave a Reply

Your email address will not be published.