BOR Hanya 10,9 Persen, Kota Bogor Kekeuh Pertahankan Operasional RS Perluasan

by -
RS Perluasan Kota Bogor di kawasan GOR Pajajaran. (Fadli/Metropolitan)

METROPOLITAN.id – Kasus Covid-19 Kota Bogor di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) terus melandai. Sejalan dengan Bed Occupancy Rate (BOR) atau keterisian tempat tidur pasien Covid-19 Kota Bogor yang kini hanya 10,9 persen.

Meski begitu, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor tetap mengoperasionalkan Rumah Sakit (RS) perluasan di kawasan GOR Pajajaran, fasilitas isolasi di Pusdiklatwas BPKP Ciawi dan asrama Institut Pertanian Bogor (IPB).

Hal itu diungkapkan Wali Kota Bogor Bima Arya. Menurutnya, Pemkot Bogor masih mempertahankan fasilitas isolasi pasien Covid selain ruang rawat di 21 RS rujukan pasien Covid se-Kota Bogor.

Alasannya, kata dia, Pemkot Bogor masih harus siaga dan tetap antisipatif meskipun kasus Covid di Kota Bogor cenderung melandai.

Baca Juga  Jelang Lebaran, Ini Daftar Harga Daging di Bogor

“Sementara masih (dioperasionalkan), tetap harus siaga dan tetap harus antisipatif,” katanya kepada Metropolitan.id, Kamis (9/9).

Dari data Satgas Covid-19 Kota Bogor, angka BOR Kota Bogor kini hanya 10,9 persen. Artinya, dari total 1.012 tempat tidur yang disediakan, hanya terisi 110 orang atau setara 10,9 persen dari 21 RS rujukan se-Kota Bogor.

Sedangkan untuk keterisian RS Perluasan di GOR Pajajaran, sudah zero case atau tidak ada pasien. Sedangkan di Pusdiklatwas BPKP Ciawi, terisi 1 orang dari kapasitas 100 bed atau setara 10 persen. Lalu fasilitas isolasi di asrama IPB, tidak ada pasien dari 184 bed yang tersedia.

Selain itu, meskipun kasus Covid melandai, Kota Bogor juga mempertahankan alokasi minimal buat RS dalam menyediakan tempat tidur khusus pasien Covid. Yakni minimal 30 persen dari total kapasitas bed.

Baca Juga  Selain Dilarang Ziarah, Warga Jakarta Nggak Boleh Datang ke Lokasi Wisata di Bogor

“(Itu juga) sementara masih dipertahankan , sambil lihat situasi covid kedepan. Tren-nya bagaimana,” ujar Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor dr Sri Nowo Retno.

Secara umum, total kasus Covid di Kota Bogor hingga Kamis (9/9) menembus 37.175 kasus, dengan korban meninggal sebanyak 506 dan pasien berstatus positif aktif berjumlah 368 orang.

“per Rabu (8/9) itu ada penambahan kasus Covid harian 16 orang dan tidak ada penambahan kasus pasien Covid yang meninggal dunia,” tuntasnya. (ryn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *