Cara Desa di Bogor Capai Herd Immunity, Ajak Warga Vaksin hingga Taati Prokes 5M

by -

Covid-19 yang menyebar di perkotaan, kini mulai menular ke penjuru desa melalui warga yang beraktivitas di kota. Mengantisipasi penyebaran yang lebih luas, Pemerintah Desa (Pemdes) Ciadeg, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, menggalakkan vaksinasi untuk mencapai herd immunity dan menjaga protokol kesehatan (prokes) 5M.

KEPALA Desa (Kades) Cia­deg, Wahyu Rahayu, menga­takan, saat ini pihaknya terus menggalakkan vaksinasi bagi warga. “Vaksinasi seka­rang menyasar ibu hamil, masyarakat umum dan siswa sekolah. Mulai dari usia 12 tahun sampai 17 tahun. Vak­sin yang digunakan adalah Sinovac dan Pfizer,” katanya kepada Metropolitan.

Wahyu mengatakan, vaksi­nasi digalakkan untuk mel­indungi warga dari penularan Covid-19. Saat ini puskesmas menyediakan 1.727 dosis bagi warga yang mengikuti vaksinasi, sehingga total pen­capaian vaksinasi mencapai 60 persen.

Baca Juga  Warga Semringah Layanan Vaksinasi PKS Cepat dan Nyaman

“Kita juga bekerja sama dengan lokasi pabrik, di ma­na karyawannya akan divak­sin di sini. Vaksinasi ini pen­ting bagi warga, karena ba­nyak yang kerja di luar desa. Semacam pabrik garmen sekarang pegawainya wajib vaksin. Warga pun sangat antusias,” katanya.

Wahyu berharap herd im­munity desa bisa tercapai, sehingga membantu pemerin­tah dalam percepatan program vaksinasi.

“Kita selalu berharap dan berdoa agar virus ini cepat selesai,” ujarnya.

Selain vaksinasi, Sekretaris Desa (Sekdes) Ciadeg, Acep Hidayatna Salta, menamba­hkan, warga wajib menerap­kan protokol kesehatan yang ketat di setiap fasilitas umum, seperti masjid, posyandu dan kantor pelayanan pemerin­tahan desa. Penerapan prokes ini bakal diawasi RT dan RW serta linmas di Desa Ciadeg.

Baca Juga  Batal Turun Bulan ini, Kabupaten Bogor Minta Tambahan Jatah Vaksin

“Satgas juga selalu menga­wasi warga agar mematuhi protokol kesehatan 5M: me­makai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas serta interaksi. Ke warung, ke pasar, ke masjid, arisan, apalagi anak-anak mau ke sekolah wajib pakai masker,” pungkasnya. (jal/c/els/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *