Dewan Hakim MTQ ke-40 Kota Bogor Dibentuk, Dedie A Rachim: Wajib Memiliki Nilai Objektivitas Tinggi

by -

METROPOLITAN.id – Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim memberikan arahan sekaligus membuka masa orientasi dan sertifikasi kepada dewan hakim dalam Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-40 tingkat Kota Bogor tahun 2021.

Orientasi yang dilangsungkan di Hotel Onih, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor pada Senin (13/9) ini diikuti oleh puluhan dewan hakim yang nantinya bakal menyeleksi para Qori dan Qori’ah.

Dedie A Rachim menekankan, paling utama adalah para dewan hakim harus memiliki nilai objektifitas kepada peserta. Paling tidak, memiliki nilai-nilai integritas sehingga peserta MTQ yang terpilih nanti bisa menjadi yang terbaik.

“Yang tak kalah penting juga yakni pembinaan. Kali ini mungkin para pimpinan pondok pesantren sudah mati – matian untuk mencari bibit – bibit, namun ke depan bisa juga ada pembibitan dari luar pesantren. Banyak sekolah umum yang memiliki potensi,” kata Dedie A Rachim dihadapan para peserta orientasi.

Baca Juga  Sepi Manggung, Ruri Repvblik Terjun ke Dunia Bisnis, Buka Outlet Es Permen Karet di Kota Bogor

Di luar itu, Dedie A Rachim juga menyampaikan komitmen Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor untuk terus memberikan bantuan. Terutama dalam hal mengentaskan angka buta huruf Al-Quran.

Kepada para dewan hakim, panitera, dan fasilitator, Dedie A Rachim juga menekankan bahwa dalam menyeleksi peserta MTQ tidak ada keberpihakan kepada pesantren tertentu. Terutama di semua jenjang penilaian peserta.

“Maka dari itu saya mohon dalam orientasi ini nanti betul – betul menghasilkan hakim yang betul – betul adil. Yang memiliki nilai objektifitas tinggi dalam penilaian Qori dan Qori’ah,” pesan Dedie A Rachim.

Di tempat yang sama, Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kota Bogor, H Ade Sarmili menjelaskan, para dewan hakim yang mengikuti orientasi ini adalah mereka yang memiliki majelis taklim dan pondok pesantren.

Baca Juga  Kasus Penularan Covid-19 Masih Tinggi di 10 Kecamatan, PTM Terancam Diundur Lagi

“MTQ ini merupakan hajat bersama. Sekarang ini ada hampir 100 orang yang menjadi dewan hakim, fasilitator dan panitera,” jelas Ade Sarmili.

Mereka para dewan hakim, juga berasal dari masing – masing kecamatan. Ada 15 sampai 20 orang dari masing – masing kecamatan yang diutus menjadi dewan hakim pada MTQ ke-40 tingkat Kota Bogor ini.

MTQ yang ke-40 tingkat Kota Bogor ini akan diselenggarakan pada Rabu 15 September hingga Sabtu 18 September 2021 mendatang. MTQ akan dilangsungkan di Masjid Raya Bogor.

“Memang karena kondisi pandemi yang belum mereda, ada perubahan jadwal. Termasuk waktu pelaksanaan yang dipersingkat. Ada 46 bidang cabang yang dilombakan,” katanya. (rez)

Baca Juga  Besok, Kota Bogor 'Usir' Wisatawan Batal ke Puncak Pakai Ganjil Genap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *