Dewan Sentil Rocky Gerung Soal Penguasaan Lahan Sentul City

by -

METROPOLITAN – Akhir-akhir ini masyarakat di­ramaikan dengan per­soalan sengketa lahan antara Rocky Gerung dengan PT Sentul City Tbk. Hal itu mem­buat Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Bo­gor, Usep Supratman, angkat bicara.

Menurutnya, saat ini Rocky Gerung telah men­guasai lahan milik PT Sen­tul City Tbk dengan da­sar oper alih garapan. Sehingga sudah se­wajarnya jika PT Sen­tul City meminta Rocky Gerung angkat kaki dari lahan terse­but.

”Dari awalnya juga kan sudah jelas bahwa PT Sen­tul City Tbk ini mempu­nyai dokumen yang sah secara hukum di mana Sertifikat Hak Guna Bangunan (SHGB), sedangkan Pak Rocky Gerung ini alas haknya adalah oper alih garapan dari warga yang sebelumnya menggarap lahan tersebut,” kata Usep, Senin (13/9).

Baca Juga  Rocky Gerung Kuasai Lahan Sentul City, Usep Supratman: Lahan Garapan Harusnya Jangan Dibangun

Ia menilai ada kesalahan fatal yang dilakukan Rocky Gerung, di mana ia telah mendirikan bangunan di lahan tersebut. Sebab, dengan da­sar oper alih garapan tersebut, Rocky Gerung seharusnya tidak mendirikan bangunan lantaran biasanya yang dilakukan para petani jika oper alih garapan itu dilakukan untuk pertanian juga, bukan untuk mendirikan bangunan seperti saat ini.­

Dasar lahan yang dikuasai Rocky Gerung ini, lanjut Usep, berbeda dengan lahan Hak Guna Usaha (HGU) yang su­dah habis masa kerja samanya atau lahan garapan lepas yang bisa dimohonkan warga. Se­bab, HGB milik PT Sentul City di Desa Bojongkoneng, Kecamatan Babakanmadang ini masih panjang.

”Kalau saja dari awal Pak Rocky ini mengurus berkas-berkas pembelian tanahnya itu, mungkin kerugian yang dialaminya tidak begitu besar seperti saat ini. Kalau dari awal mengurus dia pasti mengurus Izin Mendirikan Bangunan (IMB) ke Dinas Perizinan dan Dinas Perizinan akan meno­laknya karena tahu ketika di-ploting lahan itu merupakan HGB,” paparnya.

Baca Juga  Rocky Gerung Nilai Jokowi Sedang Berupaya Lemahkan Anies Baswedan di Pilpres 2024, Apa Maksudnya?

Usep berharap Pemkab Bogor nantinya dapat memediasi persoalan tersebut. Apalagi saat ini lahan yang dikuasai Rocky Gerung ini selain berdiri di atas lahan orang lain, juga tidak memiliki izin bangunan. ”Di situ ada peranan pemkab juga yang bisa ambil bagian unuk menertibkan pelanggarannya,” ungkapnya. (mam/eka/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *