Dijaring dari Lima Titik, 45 Orang PMKS di Bogor Dapat Suntik Vaksin, Ada yang Sudah Berusia 76 Tahun

by -

METROPOLITAN.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor terus menggencarkan vaksinasi bagi masyarakat umum.

Kali ini, 45 orang Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) yang sering berada di jalanan kawasan Kecamatan Bogor Tengah, dirazia untuk kemudian mendapatkan vaksinasi di Kelurahan Ciwaringin, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Kamis (2/9/2021) pagi.

Secara umum, tak kurang dari 560 dosis vaksin disiapkan untuk vaksinasi di dua lokasi. Selain di Kelurahan Ciwaringin, vaksinasi juga dilakukan di Kelurahan Sempur.

Camat Bogor Tengah Abdul Wahid mengatakan, masih banyak masyarakat Kota Bogor yang belum melaksanakan vaksiasi. Diantaranya anak jalanan, pengamen, pengemis dan PMKS lainnya.

“Dengan dibantu jajaran wilayah, danramil, serta kapolsek, menyisir anak jalanan yang tengah berada di titik-titik tertentu khususnya di wilayah Bogor Tengah. Ada 45 orang yang terjaring dan sebagian dari mereka sudah melakukan vaksinasi,” katanya saat ditemui Metropolitan.id, Kamis (2/9/2021).

Baca Juga  3 PNS Kota Bogor Bolos di Hari Pertama Masuk Kerja

Wahid menjelaskan, titik awal operasi menjaring PMKS untuk divaksin yakni dimulai dari simpang lampu merah Jalan Sawojajar, Taman Air Mancur, Taman Topi, lampu merah Tegalgundil dan sekitaran Kebun Raya Bogor (KRB).

Ia menambahkan, mayoritas PMKS yang menerima vaksinasi berusia rata-rata diatas 45 tahun. Bahkan ada pula yang berusia 76 tahun.

Dengan adanya vaksinasi bagi PMKS, diharapkan dapat memberi kekebalan tubuh bagi mereka yang notabene tinggal di pinggiran dan tidak memiliki tempat tinggal, yang tentunya sangat rentan terpapar penyakit hingga Covid-19.

“Alhamdulilah kegiatan tak ada kendala yang berarti. Bahkan ketika mereka dibawa ke tempat vaksin, tidak ada kesulitan serta mereka cenderung mengikuti arahan dari kami,” tukasnya.

Baca Juga  PNS di Atas 50 Tahun dan Ibu Hamil di Bogor Harus Kerja dari Rumah

“Namun, ada sedikit kendala yakni sebagian dari mereka tidak memiliki KTP, tetapi mereka sudah tinggal lama di Kota Bogor,” ujar Wahid.

Setelah ini, kata dia, para penerima vaksin pertama di lokasi ini akan diarahkan untuk mendapatkan vaksin kedua di BTM dan Botani Square.

“Kedepan yang belum melaksanakan vaksinasi, akan kita jaring semua, hingga ke pelosok wilayah khusunya Kecamatan Bogor Tengah,” jelasnya.

Sementara itu, Danramil 0601 Bogor Tengah, Kapten CHB SS Rumaluntur menuturkan pihaknya bersama jepolisian membantu kecamatan menjaring masyarakat yang belum melaksanakan vaksinasi dosis pertama.

Terutama warga berusia 12 sampai 17 tahun. Sebab menurutnya, Kota Bogor sedang mempersiapkan diri menjelang Pembelajaran t
Tatap Muka (PTM).

Baca Juga  Masjid Balai Kota Bogor Dipercantik, Tambah Jumlah Jamaah

“Jadi, siapaun yang belum melakukan vaksinasi, kita akan jaring ke seluruh wilayah Kecamatan Bogor Tengah,” pungkasnya. (mg1/ryn)

Leave a Reply

Your email address will not be published.