Dinkes Siap Garap Perda Penanggulangan Penyakit Menular

by -
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, Mike Kaltarina

METROPOLITAN.id – Usai mendapatkan saran dari Komisi I DPRD Kabupaten Bogor, Dinas Kesehatan kini tengah bersiap-siap melakukan kajian untuk membuat Peraturan Daerah (Perda) tentang penyakit menular. Hal tersebut dilakukan, sebagai salah satu upaya pengendalian dan antisipasi, terjadinya wabah di masa mendatang.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor Mike Kaltarina mengatakan, langkah tersebut dinilai penting untuk dilakukan, mengingat tidak ada yang tahu dalam kurun waktu beberapa tahun kedepan, wabah pandemi seperti covid-19 ini bakal terulang kembali.

“Kita belajar dari covid-19 ini. Kedepan kita tidak pernah tahu, apakah wabah seperti covid-19 ini bakal muncul kembali atau tidak. Yang pasti kita harus bersiap, salah satunya dengan membuat aturan ini. Agar penanganan wabah di masa yang akan datang lebih maksimal,” kata dia.

Baca Juga  Sehari Jelang Puasa, Harga Cabai Merangkak Naik

Saat ini pihaknya sedang melakukan persiapan pengkajian, dan pembuatan naskah akademik, sebagai bahan landasan awal pembuatan perda penyakit menular.

Nantinya, naskah akademik tersebut, bakal berisikan tentang kajian karakteristik wilayah Kabupaten Bogor, hingga pemetaan resiko wabah berdasarkan studi pakar epidemiologi.

“Jadi kami akan kaji semuanya, apakah aturan ini bisa dan relevan di terapkan di Kabupaten Bogor atau tidak. Paling tidak, kami akan merujuk pada undang-undang karantina dan kesehatan sebagai acuan pembuatan aturan ini,” paparnya.

Sebelumnya, Komisi I DPRD Kabupaten Bogor mendorong agar Pemerintah Daerah membentuk Peraturan Daerah (Perda) tentang penanggulangan penyakit menular. Hal itu seiring dengan pandemi covid-19 yang tak kunjung usai hingga saat ini.

Baca Juga  Cita-cita Perkuat Pendidikan Karakter

Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Bogor Usep Supratman mengatakan, perda penanggulangan penyakit menular sangat penting kehadirannya ditengah pandemi seperti ini. Bahkan perda tersebut bisa menjadi pentunjuk Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor untuk mengatasi pandemi covid-19.

“Beberapa waktu lalu kita sempat kunjungan ke daerah di Jawa Tengah, ternyata mereka sudah memiliki perda penanggulangan penyakit menular. Mereka tidak terlalu pusing dengan penanganan covid, karena sudah memiliki perda itu. Jadi tahu apa yang harus dilakukannya,” kata Usep. (mam)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *