Gandeng KTD Rajawali 08, Kelurahan Curugmekar Bogor Punya Budidaya Ikan Nila

by -
Budidaya ikan nila di Kelurahan Curugmekar, Kota Bogor. (Dok. pribadi)

METROPOLITAN.id – Pandemi Covid-19 yang belum usai, tidak mengendurkan kreatifitas dan inovasi warga. Seperti yang dilakukan warga RW 08 Kelurahan Curugmekar, Kecamatan Bogor Barat, yang memanfaatkan lahan kosong milik Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor sebagai lokasi budidaya ikan nila bernilai ekonomis dan menjadi penghasilan baru bagi warga di tengah situasi pandemi.

Dalam wadah Kelompok Tani Dewasa (KTD) Rajawali 08, 20 orang warga RW 08 mulai mengembangbiakkan ikan nila sejak awal September ini. Dari 10 kolam yang ada, masing-masing diperkirakan terisi 12 ribu bibit ikan nila. Diharapkan nantinya ada 120 ribu ikan nila yang siap dipasarkan dan didistribusikan kepada pedagang-pedagang.

Menurut Lurah Curugmekar, Napihudin, program pemberdayaan masyarakat ini disokong bantuan dana dari pemerintah melalui kementerian terkait, yang dimulai sejak Maret 2021 dan di-acc pada September lalu.

Baca Juga  Saldo Kosong, Penerima PKH di Bogor Ngadu ke Kelurahan

“Untuk program pemberdayaan ini, kita mengajukan anggaran ke Kementerian, Alhamdulillah diterima. Saat ini sudah ada 10 kolam, isinya masing-masing 12 ribu ikan nila, KTD Rajawali 08 tinggal jalan karena lahannya juga ada punya pemkot,” katanya kepada Metropolitan.id di Graha Pena, Rabu (22/9).

Ia pun mendukung penuh kegiatan masyarakat ini karena membantu perekonomian warga di tengah situasi pandemi yang belum usai. Selama empat bulan kedepan, KTD Rajawali 08 akan membudidayakan ikan nila sebelum panen nantinya.

“Dipasarkannya kita kerjasama dengan pedagang-pedagang yang ada, langsung, jadi setidaknya ini membantu ekonomi warga. Outputnya nanti panen lah empat bulan kemudian. Mudah-mudahan ini membantu warga,” tandas mantan lurah Pasirkuda itu.

Baca Juga  Pedagang Sembako di Bogor Menjerit, Harga Minyak Goreng Melejit

Selain budidaya ikan nila, kata dia, ada juga saung bibit yang dikelola Kelompok Wanita Tani (KWT) Tunas Mekar, yang ada di RW 04 Kelurahan Curugmekar. Ada berbagai jenis sayuran, mulai dari terong hingga jenis lainnya, yang juga mulai berjalan di tahun ini.

“Alhamdulillah kita sih terima jadi bahannya, tinggal jalan ya. Kalau Saung Bibit ini yang kelola KWT Tunas Mekar di RW 4. Ada berbagai jenis sayur yang nantinya dikembangkan dan dipasarkan kerjasama dengan para pedagang. Intinya saya mendukung program yang menggenjot perekonomian warga ini,” tutupnya. (ryn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *