Ganjil Genap Puncak Bogor Berpeluang Dipatenkan Tiap Akhir Pekan, Asalkan…

by -

METROPOLITAN.id – Sistem ganjil genap yang diujicobakan di jalur menuju Puncak, Kabupaten Bogor sejak Jumat (3/9), berpotensi dipatenkan. Asalkan, hasilnya menunjukan efektifitas yang baik dalam membatasi kendaraan yang menuju kawasan wisata tersebut.

“Nanti kalau memang cukup bagus akan kita lakukan terus,” ujar Kapolres Bogor, AKBP Harun saat meninjau uji coba ganjil genap hari kedua di Simpang Gadog, Sabtu (4/9).

Sejauh ini, uji coba ganjil genap menuju kawasan Puncak diklaim sudah menurunkan volume kendaraan hingga 30 persen.

“Kalo kita lihat ini sudah ada sedikit penurunan jika kita bandingkan dengan sabtu kemarin. Kita nggak bisa membandingkan hari per hari, tetapi hari yang sama di minggu kemarin, Jumat dengan Jumat, Sabtu dengan Sabtu,” ujar Harun.

Baca Juga  Tega! Mayat Bayi Lengkap dengan Ari-ari Ditemukan Terbungkus Plastik di Bawah Jembatan Balebinarum Bogor

Penyekatan ganjil genap ini diterapkan di 7 titik menuju kawasan Puncak. Petugas gabungan bersiaga di lokasi tersebut untuk menyaring kendaraan yang masuk.

Selain memeriksa nomor kendaraan, petugas juga memeriksa surat vaksin dan hasil swab bagi mereka yang plat nomornya sesuai dengan pemberlakuan ganjil genap.

“Ada beberapa titik, tentunya yang melewati titik-titik itu yang akan dilakukan pemeriksaan,” terangnya.

Sebelumnya, uji coba sistem ganjil genap di kawasan menuju Puncak, Kabupaten Bogor memasuki hari kedua, Sabtu (4/9).

Kendaraan dengan plat nomor ganjil tak diperkenankan melintas menuju Puncak karena hari ini berlaku aturan genap.

Bupati Bogor, Ade Yasin mengatakan, di hari kedua ini, volume kendaraan yang menuju kawasan Puncak mengalami peningkatan dibanding hari pertama uji coba ganjil genap kemarin, Jumat (4/9).

Baca Juga  Calon Bos PDJT Kota Bogor Diragukan, Pansel: Kami Tidak Fokus Latar Belakang, Tapi Bisa Menyehatkan PDJT

Menurutnya, kondisi ini lumrah terjadi setiap akhir pekannya. Kepadatan pada hari Sabtu biasanya terjadi sejak pagi hingga sore hari.

“Biasanya memang Sabtu lebih padat dari hari Jumat, karena Jumat masih kerja. Sabtu itu dari pagi sampai sore pasti padat,” ujar Ade Yasin saat meninjau uji coba ganjil genap di Simpang Gadog, Sabtu (4/9).

Ade Yasin mengatakan, uji coba ganjil genap diberlakukan agar kepadatan di jalur wisata tersebut tak terjadi lagi seperti akhir pekan lalu. Ganjil genap diharapkan bisa menghalau kendaraan sehingga berkurang volume kendaraan yang masuk.

“Kebetulan hari ini juga plat genap yang boleh masuk, dan yang ganjil yang kita putar balik, ini mengurangi kemacetan yang ada,” ungkapnya.

Baca Juga  Merah Putih Selimuti Puncak Bogor

Pantauan Metropolitan.id, uji coba sistem ganjil genap dimulai pukul 07.30 WIB.

Kendaraan berplat ganjil pun nampak masih banyak yang menuju kawasan Puncak Bogor. Di pos penyekatan di Simpang Gadog, kendaraan ganjil tersebut langsung diputarbalikan petugas. (cr1/b/fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *