Giliran Ruko Kursus Bahasa Mandarin di Surken Dibobol Maling

by -

METROPOLITAN – Di tengah rencana proyek penataan ka­wasan Jalan Suryakencana (Surken) di sisa akhir tahun ini, salah satu rumah toko (ruko) di Kelurahan Babakanpasar, Kecamatan Bogor Tengah, justru menjadi korban pencurian (maling).

Ruko yang sedianya diguna­kan sebagai tempat Pusat Kursus Bahasa Mandarin itu didapati dalam kondisi berantakan dengan beberapa barang hilang. Dugaan semen­tara, pelaku lebih dari dua orang. Selain menggasak ba­rang berharga, para pelaku juga sempat mengobrak-abrik TKP tersebut.

Menurut pengurus Ruko Pusat Kursus Bahasa Manda­rin, Handoyo, diduga para pelaku masuk melalui atap dan menggunting kawat pengamanan di atap ruko tersebut. Sejak pandemi me­rebak atau sekitar lebih dari setahun lalu, ruko tersebut memang sudah tidak diguna­kan. Sebelum pandemi, bangu­nan empat lantai itu sempat digunakan sebagai Pusat Kursus Bahasa Mandarin, tempat karaoke hingga fasi­litas olahraga. “Ini kan sebe­lumnya tempat les Mandarin, karaoke dan tempat olahraga pingpong,” katanya.

Baca Juga  Hati-hati Parkir di Minimarket, dalam Sekejap 3 Pencuri Gondol Motor Ibu-ibu Saat Belanja

Sejak ada pembatasan ke­giatan dari pemerintah, ter­masuk larangan warga ber­kerumun atau berkumpul, ruko sempat terbengkalai. Ia baru mengetahui aksi pencu­rian itu sekitar sepekan ter­akhir, setelah salah satu rekan­nya mengecek. “Jadi salah satu pengurus datang ke ruko mau lihat-lihat, ternyata se­telah dibuka kaget, kondisinya sudah berantakan,” katanya, Senin (13/9).

Handoyo menjelaskan, para pelaku menggasak enam unit AC, seperangkat sound system serta 20 kursi lipat. Namun, ia belum menghitung berapa kerugian akibat keja­dian ini. “Yang mereka ambil itu beberapa AC, itu pun ha­nya mesinnya. Sound system, kursi lipat dan kabel instala­si listrik,” ujarnya.

Ruangan juga terlihat dalam kondisi berantakan dan se­bagian barang di lemari ter­cecer di lantai. Tak lama Bha­binkamtibmas Kelurahan Babakanpasar, Aiptu Susanto, sempat mengecek TKP pen­curian di samping toko wa­ralaba, Jalan Suryakencana, RT 04/06, Kelurahan Baba­kanpasar didampingi ketua RW 04/06, Kelurahan Baba­kanpasar.

Baca Juga  8 Jam Gasak 4 Motor, Garong Berjimat Didor

Sekadar diketahui, aksi pen­curian di kawasan Surken selama pandemi bukan yang pertama. Beberapa waktu lalu tepat saat libur Idul Adha, salah satu toko alat rumah tangga, Toko Jaya Makmur, sempat menjadi korban pen­curian, di mana para pelaku masuk lewat atap toko pada Senin (19/7). (ryn/eka/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *