Hari Terakhir PPKM Level 3, Bogor Zero Kasus Pasien Covid-19 di Pusat Isolasi

by -
Kadinkes Kota Bogor dr Sri Nowo Retno. (Ryan/Metropolitan)

METROPOLITAN.id – Kabar bahagia datang di hari terakhir penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 Kota Bogor.

Angka keterisian tempat tidur atau Bed Occupancy Rate (BOR) pasien Covid-19 di Pusat Isolasi yang sediakan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor mencatatkan angka zero kasus.

Berdasarkan data kesiapan Rumah Sakit penanganan Covid-19 Kota Bogor pada Minggu (5/9), dari 1.012 ruangan khusus perawatan pasien Covid-19 di 21 rumah sakit rujukan, hanya terisi 134 kamar.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Kota Bogor, Sri Nowo Retno mengatakan, membaiknya angka BOR tentunya merupakan kabar baik bagi Pemkot Bogor. Sebab, angka BOR merupakan salah satu indikator turunnya kasus Covid-19 di Kota Bogor.

Baca Juga  Dewan Hakim MTQ ke-40 Kota Bogor Dibentuk, Dedie A Rachim: Wajib Memiliki Nilai Objektivitas Tinggi

Menurutnya, berkurangnya persentase ketersedian tempat tidur isolasi dikarenakan semakin banyaknya pasien aktif yang sembuh.

“Keterisian BOR dan ICU turun di bawah standar batas WHO 60 persen dan tidak ada pasien yang mengisi pusat isolasi,” katanya, Senin (6/9).

Angka itu, kata Retno, jauh dibandingkan angka BOR pada awal PPKM Level 4 dengan BOR di atas 84 persen dan ICU penuh.

Tak hanya angka keterisian ruangan khusus perawatan pasien Covid-19 di sejumlah rumah sakit rujukan. Hal serupa juga terjadi pada sejumlah pusat isolasi untuk pasien Covid-19.

Seperti di Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Ciawi, dari total 100 tempat tidur yang tersedia belum ada satupun pasien Covid-19 yang dirawat di sana.

Baca Juga  Tradisi Nyadran di Solo, Airlangga Ziarah Makam Keluarga di Astana Oetara

Termasuk, di Asrama IPB dari 184 tempat tidur yang tersedia, tidak ada satu pasien pun yang dilakukan perawatan.

“Alhamdulillah di kedua Pusat Isolasi sudah tidak ada lagi pasien yang dirawat di sana,” ucap perempuan yang juga menjabat sebagai Kadinkes Kota Bogor.

Dirinya berharap, kondisi ini bisa terus berlanjut hingga nanti kedepannya kasus Covid-19 di Kota Bogor bisa semakin terkendali dan pandemi Covid-19 bisa segera berakhir. (rez)

Leave a Reply

Your email address will not be published.