Ibrahimovic Tua-Tua Keladi!

by -

METROPOLITAN – Di usia yang mendekati 40 tahun, Zlatan Ibrahimovic masih mencetak gol untuk AC Milan di Serie A. Meski begitu, penyerang Swedia itu bukan­lah pemain tertua yang bisa melakukannya.

Ibrahimovic mencetak satu gol ke gawang Pepe Reina saat mengalahkan Lazio di gior­nata ketiga yang berlangsung di San Siro, Minggu (12/9) malam WIB. Ia mencetak gol di usia 39 tahun 344 hari.

Di antara pemain Serie A yang ada saat ini, ia mungkin adalah pencetak gol tertua. Namun dalam sejarah secara keseluruhan, Sky Sport Italia menulis Ibrahimovic saat ini cuma menempati urutan ke­lima.

Artinya, ada pemain yang lebih tua dari Ibrahimovic, dan bahkan pemain di urutan pertama adalah bek. Siapakah dia? Mari kita lihat pemain di urutan keempat lebih dulu. Di sana, bercokol legenda hidup AS Roma, Francesco Totti.

Baca Juga  Nah, Ibrahimovic Merapat ke AC Milan

Sang Fantasista pensiun pada 2017 silam. Gol terakhir­nya tercipta pada 25 Septem­ber 2016 ke gawang Torino, dua hari sebelum ultah ke-40.

Jika dihitung lebih rinci, Totti mencetak gol di usia 39 tahun 364 hari. Berikutnya di urutan ketiga ada Pietro Vier­chowod, sang juara Piala Du­nia 1982. Legenda Sampdoria itu masih bermain sampai 41 tahun, dan pensiun di tahun 2000.

Gol terakhirnya tercipta pada 23 Mei 1999, ketika mem­bela Piacenza di laga melawan Salernitana. Saat itu, ia beru­sia 40 tahun 47 hari. Di urutan kedua ada mendiang Silvio Piola.

Sempat memenangi Piala Dunia 1938, Piola mencetak gol terakhirnya di Serie A pada usia 40 tahun 131 hari. Itu terjadi di musim terakhir­nya sebagai pesepak bola, saat menjebol gawang AC Milan pada 7 Februari 1954.

Baca Juga  Perpanjang Kontrak di AC Milan, Kembali Pakai Nomor 11

Terakhir, yang menempati urutan pertama, adalah Ales­sandro Costacurta. Legenda AC Milan yang sekarang be­kerja di FIGC ini mencetak gol dari penalti di laga terakhirnya di Serie A, yakni saat melawan Udinese pada 19 Mei 2007.

Kala itu, usianya 41 tahu 25 hari. Di akhir musim tersebut, ia langsung gantung sepatu.

Melihat data di atas, Ibrahi­movic jelas masih bisa men­galahkan nama-nama di atas, dengan syarat ia lanjut bermain di Serie A sampai musim de­pan, dan bisa tampil konsisten serta bebas dari cedera. (dtk/ suf/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *