Jalan Penghubung Dua Kecamatan Bolong-bolong

by -

METROPOLITAN – Sudah terlalu lama Jalan Raya Ka­longliud, Desa Kalongliud, Kecamatan Nanggung, rusak dan berlubang. Padahal, ak­ses jalan penghubung Keca­matan Nanggung dengan Leuwisadeng itu merupakan jalan alternatif dan banyak dilalui kendaraan.

Tidak sedikit juga kendar­aan bermotor yang jatuh saat melintasi jalan yang rusak. Seperti dikeluhkan salah seorang pengendara, Juwita. Menurutnya, banyaknya lubang di Jalan Raya Kalong­liud membuat tidak nyaman saat berkendara.

”Bahkan saya juga pernah jatuh gara-gara jalan ber­lubang. Apalagi jalan yang di depan lapangan bola Kalong­liud. Saat hujan, jalan terge­nang air. Sehingga saat kita mengendarai motor itu sangat berbahaya,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Desa Ka­longliud, Juni Nurjaman, mengaku hampir setiap hari mendapat keluhan dari war­ga terkait banyaknya kubangan di sepanjang Jalan Raya Ka­longliud.

Baca Juga  Jalan Penghubung Dua Kecamatan Dibiarkan Rusak

”Mengingat Jalan Raya Ka­longliud merupakan akses, sehingga banyak sekali adu­an dari masyarakat. Meng­ingat jalan tersebut sudah tidak layak untuk dilewati, apalagi di musim hujan se­perti saat ini,” katanya.

Juni Nurjaman mengatakan, akibat rusaknya jalan tersebut, banyak pengendara yang mengalami kecelakaan ka­rena jalan tersebut nyaris tidak beraspal.

”Dan sedikit ada bagian-bagian yang TPT-nya sudah hancur, sehingga membuat jalan tersebut jadi sempit,” ujarnya.

Ia pun berharap Jalan Raya Kalongliud segera dibangun. ”Karena pihak kami merasa sudah tiga kali mengusulkan di dalam forum Musrenbang Kecamatan Nanggung itu untuk segera dilakukan pembangunan. Bukan hanya sebatas pemeliharaan saja,” tegasnya.

Menanggapi hal itu, Ke­pala UPT Infrastruktur Jalan dan Jembatan Wilayah V Leuwiliang, Eko Sulistio, mengaku sudah banyak mendapat laporan. Ia juga sudah mengusulkan ke dinas agar jalan tersebut cepat di­perbaiki.

Baca Juga  Jalan Penghubung Dua Kampung Akhirnya Diaspal

”Peningkatan jalan sudah masuk program reguler. En­tah kenapa belum juga te­realisasi peningkatan jalan tersebut. Intinya, kita usaha­kan agar Jalan Kalongliud cepat diperbaiki,” singkatnya. (ads/c/els/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *