Kades Rusyadi Ajak Warga Cibalung Bebersih Kampung

by -

METROPOLITAN – Warga Desa Cibalung, Kecamatan Cijeruk, gotong-royong mem­bersihkan jalan lingkungan (jaling) dan jalan desa secara serentak di tujuh RW. Aksi ini dilakukan untuk mempe­ringati World Clean Up Day yang bertemakan ’Aksi Beber­sih dan Pilah Sampah dari Rumah’.

Acara tersebut dibuka Ke­pala Desa (Kades) Cibalung Rusyadi didampingi sejumlah tokoh masyarakat dan tokoh agama setempat. Menurut Rusyadi, aksi bebersih ini dilaksanakan di seluruh kam­pung, mulai dari Kampung Babakan hingga Kampung Ciomas dan Pangerasan dengan membersihkan sam­pah dan rumput liar di ping­gir jalan.

”Gotong-royong ini diikuti seluruh lapisan masyarakat, baik dewasa dan anak-anak, laki-laki maupun perempuan. Mereka bahu-membahu mem­bersihkan sampah di pinggir jalan,” katanya. Selain itu, tambah dia, semua dikerjakan secara manual. Sampah yang dipungut kemudian pisahkan ”Untuk sampah plastik kita kumpulkan. Sedangkan sam­pah yang mudah membusuk kita kubur. Tapi ada juga yang kita bakar,” ujarnya.

Baca Juga  Warga Cibalung Ramai-ramai Ambil BPNT

Menurutnya, kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan bersih, sehat dan asri. Sehingga warga dan pen­datang yang berkunjung ke Desa Cibalung merasa nyaman. Kebersihan lingkungan ini sudah menjadi program pe­merintah desa dan masyarakat.

”Kalau hari ini puncaknya ya, karena bebersih lingkungan sudah ada sejak lama dengan swadaya masyarakat. Seper­ti program KRL dan Jumsih sudah kita terapkan sejak awal. Sekarang ini puncak bebersih untuk memperingati World Clean Up Day,” pungkasnya. (nto/c/els/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *