Kadinkes Beri Riski Kursi Roda

by -

METROPOLITAN – Adanya bocah penderita hidrosefalus, Riski Saputra (6), yang mem­butuhkan kursi roda rupanya terdengar ke telinga Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Bogor, Mike Kal­tarina.

Mike pun memerintahkan kepala Puskesmas Nanggung untuk memantau kesehatan warta Kampung Bongas, Desa Kalongliud, Kecamatan Nanggung itu.

”Saya sudah instruksikan ke kepala Puskesmas Nanggung untuk memantau kesehatan Riski. Termasuk memberikan bantuan kursi roda agar Riski bisa beraktivitas,” ujar Kadin­kes, Mike, usai menghadiri launching vaksinasi MUI Ka­bupaten Bogor di Kelurahan Padasuka, Kecamatan Ciomas, Kamis (23/9).

Sementara itu, Kepala Pus­kesmas Nanggung, Baringin Manik, mengungkapkan, warganya yang sudah hampir enam tahun mengidap penya­kit hidrosefalus merupakan pasien Puskesmas Nanggung. ”Diantar orang tuanya, Riski kerap berobat rutin ke Pus­kesmas Nanggung. Kalau sudah berumur 12 tahun, rencananya selang di kepala Riski bakal diganti,” ujarnya.

Baca Juga  73 Persen Warga Tervaksin, Kadinkes: Jangan Takut

Sebelumnya, pihak puske­smas sudah membantu mem­berikan pinjaman kursi roda portabel. Karena Riski sudah berusia enam tahun, sehing­ga tak lagi menggunakan kursi roda portabel, namun harus menggunakan kursi roda dewasa. ”Kita bakal mem­berikan bantuan kursi roda buat Riski. Termasuk siap mengantarkan Riski jika ing­in berobat ke rumah sakit besar,” katanya.

Lalu, Camat Nanggung, Ae Saefulloh, menuturkan, ban­tuan kursi roda untuk Riski terus berdatangan. Kemarin dari Dinsos, sekarang dari Dinkes Kabupaten Bogor. Dengan adanya bantuan yang diberikan Dinsos, pihaknya mengucapkan terima kasih atas kepedulian terhadap warganya. ”Saya sangat ber­terima kasih kepada Dinas Sosial dan donatur serta re­lawan yang sudah memberi­kan bantuan berupa kursi roda kepada Riski Saputra. Semoga bermanfaat,” ujarnya.

Baca Juga  Band Bentukan Komisaris Tampil Hibur Karyawan

Menurut Ae, pihaknya akan bekerja sama dengan puske­smas terdekat untuk memo­nitoring kesehatannya agar asupan gizinya terpenuhi. “Terkait kesehatannya nanti, kita akan selalu berkoordi­nasi dengan pihak kesehatan agar perkembangan anak atas nama Riski Saputra terus di­pantau,” tukasnya. (ads/c/ els/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *