Kasus Covid-19 Membaik, Stok Vaksin Aman

by -
Ilustrasi vaksin

METROPOLITAN – Indone­sia kembali kedatangan vaksin Covid-19 sebanyak 1.808.040 dosis vaksin produksi Sinovac. Vaksin ini dalam bentuk jadi melalui fasilitas Covax. Se­hingga total jumlah vaksin yang datang ke Indonesia menjadi lebih dari 243 juta dosis, baik dalam bentuk bulk maupun vaksin jadi.

Asisten Operasi Kapolri, Irjen Pol Imam Sugianto, menyebut kehadiran tahap ke-61 ini merupakan bukti nyata bahwa pemerintah berupaya keras memenuhi kebutuhan stok vaksin Covid-19 untuk diguna­kan dalam program vaksinasi di Indonesia.

“Dengan kehadiran vaksin ini sekaligus memastikan stok vaksin aman,” kata Imam da­lam keterangannya, Selasa (14/9).

Ia mengutarakan, vaksinasi, memakai masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan, serta penguatan 3T adalah langkah penting mempercepat pemulihan kesehatan, membangkitkan produktivitas, dan mengakhiri pandemi.

Baca Juga  Pemkab Bogor Genjot Vaksin Booster Bagi 13.124 Nakes

Pemerintah melakukan per­cepatan dan perluasan pelaks­anaan vaksinasi Covid-19 untuk mempercepat pengen­dalian pandemi dan terbangun­nya herd immunity atau ke­kebalan kelompok.

Imam mengingatkan, penu­runan kasus positif Covid-19 belakangan ini jangan sampai membuat lengah. Semua pihak tetap memerlukan upaya ber­sama melawan pandemi. Ter­masuk penerapan disiplin protokol kesehatan dan per­cepatan vaksinasi.

“Kami berharap semua pihak mematuhi kebijakan PPKM yang dikeluarkan pemerintah. Karena kebijakan tersebut sebagai upaya melindungi kita semua dan menekan laju penularan Covid-19,” papar Imam. Dalam kesempatan yang sama, Asisten Operasi Pangli­ma TNI, Mayjen TNI Syafrud­din, mengatakan bahwa TNI bersama Polri telah menda­patkan amanat langsung dari Presiden Joko Widodo untuk mendukung program penanga­nan Covid-19. Termasuk pro­gram vaksinasi nasional. Tidak hanya dalam sisi pengamanan stok maupun distribusi vaksin, TNI juga membantu dalam pelaksanaannya.

Baca Juga  Sehari Setelah Divaksin, Kapolresta Bogor Kota Rasakan Ini

Memasuki September 2021, lanjutnya, program vaksi­nasi nasional semakin diper­luas dan dipercepat dengan target 2 juta dosis per hari. Selain vaksinasi, Syafruddin mengingatkan, yang tidak boleh dilupakan adalah di­siplin pada protokol keseha­tan dengan menjalankan protokol kesehatan. Terutama memakai masker dan mema­tuhi aturan pembatasan mo­bilitas yang ditetapkan pe­merintah.

Semua bisa dilakukan, jika kita segenap bangsa Indone­sia bersatu, berusaha, dan berjuang bersama-sama, ber­gotong royong menangani pandemi Covid-19 ini. “Se­moga kita semua sehat, dan selalu dalam lindungan Allah SWT,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Tim Pakar Satgas Covid-19, Prof Wiku Adisasmito, menyam­paikan bahwa kasus Covid-19 di Indonesia terus mengalami perbaikan dibandingkan dengan dunia dan beberapa negara lainnya.

Baca Juga  Tujuh Hari, 5.250 Pekerja Ritel di Kota Bogor Disuntik Vaksin

“Indonesia baru saja mele­wati second wave (gelombang kedua, red) pada Juli lalu. Namun jika dilihat pada per­kembangan tingkat dunia maka kasus dunia saat ini mengalami third wave,” ujar Wiku dalam konferensi pers yang dipantau via daring di Jakarta, Selasa.(jp/feb/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *