Kuota Beasiswa ke Rusia untuk Pelajar RI Ditambah

by -

METROPOLITAN – Pemerin­tah Federasi Rusia mening­katkan kuota beasiswa yang diberikan bagi pelajar Indo­nesia yang ingin menempuh studi di negara tersebut dalam upaya memperkuat kerja sama kedua negara di bidang pendidikan.

’’Kuota yang ada saat ini ya­kni sebanyak 163 beasiswa setiap tahunnya dan ini sama sekali tidak cukup. Terdapat jumlah permintaan besar se­tiap tahun, sekitar 1.000 anak muda di Indonesia yang mengajukan permintaan un­tuk beasiswa dari pemerintah Rusia,” kata Duta Besar Fede­rasi Rusia untuk Indonesia, Lyudmila Vorobieva, dalam konferensi pers yang digelar di Jakarta, Rabu (22/9).

Vorobieva menjelaskan, pe­merintahnya menambahkan kuota sebanyak 100 beasiswa, sehingga pada tahun akade­mik selanjutnya diharapkan ada 263 pelajar Indonesia yang akan menerima beasiswa un­tuk menempuh studi di ne­gara tersebut. ’’Kami berharap ini akan memberikan kontri­busi besar bagi kerja sama (Indonesia dan Rusia, red) di bidang pendidikan,” ujarnya.

Baca Juga  Raih Beasiswa Singkirkan 600 Pelajar

Vorobieva menjelaskan, program beasiswa tersebut mencakup pelatihan bahasa Rusia yang diberikan untuk mempersiapkan para pelajar menjalani studi di Rusia. Di negara itu, sebagian besar universitas menjalankan pro­gram studi dalam bahasa Rusia.

’’Jadi, pelajar Indonesia tak perlu khawatir dengan per­mintaan untuk dapat berba­hasa Rusia. Yang saya lihat, dari para pelajar yang mela­kukan studi di Rusia, mereka semua dapat berbahasa Rusia dengan baik dan hal ini tak menjadi penghalang untuk belajar di Rusia,” paparnya.

Menurutnya, program bea­siswa tersebut berlaku bagi mereka yang ingin menempuh studi pascasarjana maupun doktorat. Program itu juga terbuka untuk berbagai pilihan studi yang luas. Pilihan studi ini dapat dilihat melalui laman resmi pusat kebudayaan Ru­sia di Jakarta atau dengan menghubungi pusat kebu­dayaan tersebut secara langs­ung. (jp/feb/py)

Baca Juga  UT Berikan Beasiswa Penuh untuk Tunanetra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *