Pacquiao Resmi Pensiun, Pilih Nyapres

by -

METROPOLITAN – Manny Pacquiao resmi pensiun. Legenda tinju Filipina itu memilih fokus menca­lonkan diri seba­gai presiden Filipina pada pemilihan umum tahun depan.

Kabar itu disampaikan pada Rabu (29/9). PacMan, julukan Pacquiao, mengakhiri karier sensasionalnya di atas ring yang sudah berlangsung se­lama 26 tahun.

”Sulit bagiku menerima ke­nyataan bahwa waktuku se­bagai petinju telah usai. Hari ini, aku mengumumkan pen­siun,” ujar PacMan dalam video di media sosial resminya.

”Wow! Aku tak pernah ber­pikir hari ini akan tiba. Saat aku menggantung sarung tinjuku, aku ingin berterima kasih kepada seluruh dunia, terutama rakyat Filipina yang telah mendukung Manny Pacquiao,” imbuhnya.

”Aku telah mendengar lon­ceng terakhir. Tapos na ang boksing (tinju sudah selesai, red). Maraming, maraming salamat po (terima kasih ba­nyak, red),” ucapnya.

Baca Juga  Sudah Tua, Pacquiao Kalah Angka

”Tuhan selalu baik. Aku di­beri kesempatan mewakili Filipina, membawa ketenaran dan kehormatan bagi ne­garaku setiap kali naik ring. Aku bersyukur atas segala pencapaianku dan juga ke­sempatan untuk menginspi­rasi para penggemar,” jelas PacMan.

PacMan terakhir kali naik ring pada bulan lalu, saat ia kalah angka dalam perebutan gelar kelas welter WBA Super melawan petinju Kuba, Yor­denis Ugás. Secara keseluru­han, pria 42 tahun itu menutup karier dengan catatan 62 ke­menangan (39 KO), delapan kekalahan, dan dua imbang. Ia juga telah memenangi sa­buk juara di delapan kelas berbeda.

Manny Pacquiao berstatus senator Filipina sejak 2016 dan pada 19 September lalu men­gumumkan akan maju dalam pemilu presiden yang akan digelar pada Mei 2022. (dtk/ suf/run)

Baca Juga  Duel Pacquiao vs Amir Khan Digelar 20 Mei 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *