Pemkab Bogor Terima 203 Aset Senilai Rp66 Miliar dari Kantor ATR/BPN

by -
Kepala Kantor ATR/BPN Kabupaten Bogor saat menyerahkan sejumlah sertifikat aset kepada perwakilan Pemkab Bogor

METROPOLITAN.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor terus melakukan sertifikasi aset-aset yang dimilikinya. Bahkan dalam peringatan HUT Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-Pokok Agraria (UUPA) ke-61, Pemkab Bogor menerima 203 sertifikat aset dari Kantor Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

Bupati Ade Yasin mengatakan, ratusan aset tersebut terdiri dari beberapa jenis. Mulai dari pendidikan, rusunawa, jalan dan PSU, aset desa dan juga aset PLN. Hal ini sejalan dengan program yang dimiliki Pemkab Bogor yakni penataan aset-aset yang sebelumnya sempat terbengkalai

“Untuk aset pendidikan, rusunawa, jalan dan PSU itu ada 190 bidang. Aset desa 13 bidang, dan PLN 16 bidang,” kata Ade Yasin.

Baca Juga  Duit Rp460 M Ngga Jadi Masuk, Akhirnya 25 Persen Anggaran Dinas Dipotong Buat Covid-19

Nominal aset yang diberikan pun bervariasi, seperti yang diberikan kepada Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (DPKPP) ada 190 bidang aset yang jika dirupiahkan mencapai Rp59 Miliar, lalu pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) ada 13 bidang aset yang dirupiahkan mencapai Rp7 Miliar.

“Memang untuk target sertifikasi aset di 2021 ada 1.741 bidang. Tapi perlahan kita terus mengejarnya seperti saat ini. Sehingga aset Pemkab Bogor yang bersertifikat saat ini bertambah menjadi 2.523 bidang dengan nilai aset sebesar Rp660 Miliar,” paparnya.

Dengan sinergitas tersebut, Ade Yasin tak menampik pihaknya bisa menyelesaikan beberapa sertifikat baik aset redistribusi, PTSL dan juga beberapa dokumen-dokumen penting pertanahanan lainnya.

Baca Juga  Wabup bakal Perketat Perjalanan Dinas SKPD

“Tentunya ini mendorong percepatan pembangunan di Kabupaten Bogor dan juga mendorong Pendapatan Asli Daerah (PAD). Terlebih memastikan kedudukan hukum atas aset tersebut,” ungkapnya. (mam)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *