Pemkot Bogor Ajukan Anggaran Perbaikan RTLH 1,5 Miliar di APBD Perubahan 2021

by -

METROPOLITAN.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melalui Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperumkim) mengajukan usulan anggaran perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) senilai Rp1,5 miliar di APBD Perubahan 2021.

Usulan anggaran perbaikan RTLH ini dialokasikan melalui anggaran Bantuan Sosial Tidak Terencana (BSTT).

“Tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya, sekitar Rp1,5 miliar,” kata Kepala Disperumkim Kota Bogor, Juniarti Estiningsih kepada wartawan, Kamis (9/9).

Menurutnya, usulan anggaran BSTT ini menjadi penting untuk dianggarakan karena pihaknya harus mengantisipasi kekhawatiran akan bencana alam yang melanda di akhir tahun.

Sebab, pada akhir tahun 2020 lalu saja, Kota Bogor diterjang bencana puting beliung. Di mana, sejumlah rumah milik warga mengalami kerusakan imbas bencana ini.

Baca Juga  Selain Polisi, Open Bidding Kota Bogor Diikuti Anggota Komisi Yudisial

“Harus diantisipasi akhir tahun, tahun lalu saja terjadi puting beliung. Ya kalau pun anggarannya tidak terserap semua, anggaran sisanya akan dikembalikan ke kas daerah,” ucap dia.

“(Perlu digaris bawahi juga) BSTT itu urgen karena musibah, mengancam penghuni itu seperti bencana alam,” sambung perempuan yang akrab disapa Esti.

Soal RTLH yang sudah dianggarakan melalui dana BSTT di APBD 2021, Esti menuturkan jika terhitung hingga Jumat (3/9) kemarin, dari 311 rumah yang diajukan untuk diperbaiki, sebanyak 128 rumah sudah terealisasi untuk dibantu diperbaiki.

“Total anggaran yang sudah dikeluarkan sekitar Rp2,5 miliar. Satu unit rumahnya maksimal mendapat bantuan Rp17,5 miliar. Namun setelah di verifikasi rata-rata satu rumah hanya mendapatkan bantuan sekitar 5-7 juta,” tandasnya. (rez)

Baca Juga  Sepi Manggung, Ruri Repvblik Terjun ke Dunia Bisnis, Buka Outlet Es Permen Karet di Kota Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *