PKB Kota Bogor Dukung Jokowi Teken Perpres Atur Dana Abadi Pesantren

by -

METROPOLITAN.id – Sekretaris Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kota Bogor, Edi Kholkhi Zaelani mengaku mendukung langkah Presiden Joko Widodo yang baru saja mengesahkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 82 Tahun 2021 tentang Pendanaan Penyelenggaraan Pesantren.

Musababnya, Perpres yang mengatur dana abadi pesantren tersebut sudah lama dinantikan kalangan pesantren.

“PKB Kota Bogor sangat mendukung di tanda tanganinya Perpres ini. Karena sudah dinanti sejak lama,” kata pria yang akrab disapa Edi Kholkhi, Selasa (14/9).

“Apalagi, PKB terus selalu mengawal dari mulai RUU hingga di tanda tanganinya Perpes ini,” ujarnya.

Diketahui, Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 82 Tahun 2021 tentang Pendanaan Penyelenggaraan Pesantren diteken pada 2 September 2021. Pada Pasal 3 dijelaskan bahwa pendanaan penyelenggaraan pesantren dikelola untuk pengembangan fungsi pesantren meliputi fungsi pendidikan, fungsi dakwah, dan fungsi pemberdayaan masyarakat. Sedangkan sumber pendanaan penyelenggaraan pesantren diatur di pasal 4.

Baca Juga  Diduga Bunuh Cewek di Hotel, Pria Berinisal AA Ditangkap di Bojonggede

Pasal-pasal selanjutnya menjelaskan secara rinci mengenai sumber pendanaan penyelenggaraan pesantren. Khusus untuk dana abadi pesantren diatur di Pasal 23, sebagai berikut:

Pasal 23
(1) Pemerintah menyediakan dan mengelola Dana Abadi Pesantren yang bersumber dan merupakan bagian dari dana abadi pendidikan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang undangan.

(2) Dana Abadi Pesantren bertujuan untuk menjamin keberlangsungan program pendidikan Pesantren bagi generasi berikutnya sebagai bentuk pertanggungjawaban antargenerasi.

(3) Pemanfaatan Dana Abadi Pesantren sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dialokasikan berdasarkan prioritas dari hasil pengembangan dana abadi pendidikan.

(4) Pemanfaatan Dana Abadi Pesantren sebagaimana dimaksud pada ayat (3) digunakan untuk penyelenggaraan fungsi pendidikan Pesantren.

Baca Juga  Pengusaha Ini Disekap 3 Hari, Dianiaya Hingga Istri Ikut Trauma

Pasal 24
Mekanisme pemanfaatan dana abadi pesantren sebagaimana dimaksud dalam Pasal 23 dilaksanakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. (rez)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *