Polres Bogor Lanjutkan Ganjil-Genap

by -

METROPOLITAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan Polres Bogor kembali akan melakukan uji coba ganjil-genap di jalur Pun­cak akhir pekan ini. Hal ini dila­kukan sambil menunggu Kemen­terian Perhubungan (Kemenhub) yang saat ini sedang merancang aturan terkait manajemen lalu lintas di jalur Puncak.

Kapolres Bogor, AKBP Harun, mengatakan, uji coba ganjil-genap akan dilakukan seperti pekan sebelumnya, di mana ada delapan titik penyekatan serta petugas gabungan yang akan menjaganya. “Sambil menunggu aturan yang se­dang dikaji Kemenhub, kita tetap menerapkan ganjil-genap di jalur Puncak seka­ligus melakukan evaluasi atas kekurangan dalam ganjil-genap ini,” kata Harun.

Selain ganjil-genap, Harun mengaku pihaknya tetap meng­gunakan Sistem Satu Arah atau one way jika diperlukan untuk mengurai kepadatan yang kerap terjadi di jalur Puncak. Apalagi saat ini dengan ada perpanjangan PPKM level 3 ada beberapa pelonggaran. “Kalau one way kan diskresi kita. Jika mau one way kita harus lihat-lihat dulu volume kendaraannya. Kalau memang padat kita bisa ambil diskre­si itu,” paparnya.

Baca Juga  Penerapan Gage Kota Bogor Disoal, Sekretaris PKB Bogor: Memang Covid Cuma di Pusat Kota?

Sebelumnya, Bupati Bogor, Ade Yasin, mengungkapkan, ada beberapa opsi yang dita­warkan untuk mengatasi lalu lintas di jalur Puncak tersebut. Mulai dari ganjil-genap, 4 in 1 atau mempertahankan sis­tem buka-tutup atau one way.

“Ganjil-genap sepertinya cukup untuk mengurangi kendaraan yang masuk ke jalur Puncak. Apalagi ditam­bah dengan sistem satu arah yang dapat mempercepat laju kendaraan,” paparnya.

Sementara untuk opsi 4 in 1, Ade Yasin mengaku pesi­mis dapat mengurangi jum­lah kendaraan menuju Pun­cak. Terlebih, sistem 4 in 1 tidak digunakan lagi di be­berapa daerah karena diang­gap memiliki banyak keku­rangan.

“Saya kira 4 in 1 itu tidak efektif ya, karena di Jakarta pun nggak berjalan dengan baik. Jadi harus dipertimbang­kan, khawatir malah menjadi persoalan baru, seperti ba­nyak joki dan lain-lain,” kata Ade Yasin. (mam/eka/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *