Polresta Bogor Kota Bakal Sulap Cikaret Jadi Kampung Tangguh Anti Narkoba

by -

METROPOLITAN.id – Polresta Bogor Kota berencana membangun Kampung Tangguh Anti Narkoba di RW 01, Kelurahan Cikaret, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor.

Program ini dibangun dengan tujuan untuk mencegah penyalahgunaan narkoba yang kerap terjadi di masyarakat.

Kasubsi Penmas Sie Humas Polresta Bogor Kota, Iptu Rachmat Gumilar menjelaskan, RW 01 Kelurahan Cikaret dipilih berdasarkan analisa dan data yang dimiliki jajarannya, bahwa Kelurahan Cikaret dianggap rawan akan penyalahgunaan narkoba.

“Kenapa disini, karena Kelurahan Cikaret ini dianggap rawan penyalahgunaan narkoba. Untuk itu, RW 01 ini nanti akan disiapkan sebagai Kampung Tangguh Anti Narkoba,” kata Rachmat, Minggu (12/9).

“Alhamdulillah respon masyarakat disini juga sangat antusias dan mendukung dibentuknya Kampung Tangguh Anti Narkoba,” sambungnya.

Baca Juga  Bukan Pungli, Kejari Sebut Keluarga Pedagang Buah di Bogor Dijerat Kasus Pidana Murni

Menurutnya, mereka yang sudah menjalani masa rehabilitasi dan proses hukum, nantinya akan diarahkan untuk berkegiatan yang lebih positif. Mengingat, di RW 01 Kelurahan Cikaret ini banyak tempat usaha yang dimiliki warga sekitar. Mulai dari kerajinan tangan tas, pot bunga, tas dan lain sebagainya.

“Kita arahkan nanti mereka ke kegiatan yang positif. Kebetulan disini banyak UMKM dan nanti kita ajak mereka untuk ikut usaha agar tidak kembali terjerat penyalahgunaan narkoba,” imbuh dia.

“Kita juga akan berikan pendampingan sampai mereka benar-benar tidak terjerumus narkoba lagi. Termasuk menyiapkan petugas piket 24 jam di Kampung Tangguh Anti Narkoba ini agar tidak disusupi bandar,” lanjutnya.

Baca Juga  Gelar Rapat Kerja, ALTI Targetkan Lari Trail Bisa Dipertandingkan di Eksibisi PON 2024

Sementara itu, Ketua RW 01 Kelurahan Cikaret, M Hasan mendukung penuh Kampung Tangguh Anti Narkoba yang merupakan program Mabes Polri ini. Sebab, selama ini ia juga banyak menerima laporan dari warga sekitarnya terkait penyalahgunaan narkoba.

“Sangat mendukung dan alhamdulillah kami merasa terbantu dengan adanya Kampung Tangguh Anti Narkoba ini,” kata M Hasan.

“Kita juga nanti akan menyiapkan sejumlah fasilitas olahraga disini agar warga beraktivitas yang lebih bermanfaat,” sambungnya.

Hal senada diungkapkan Ketua Pemuda RW 01 Kelurahan Cikaret, Nuryadin. Pihaknya mengucapkan terima kasih atas terpilihnya wilayahnya sebagai Kampung Tanggung Anti Narkoba.

Mengingat, di wilayah ini berdasarkan catatan Polresta Bogor Kota juga ada pemakai dan pengedar serta rawan disusupi bandar dari luar atau sistem tempel.

Baca Juga  Tatap Liga Srikandi Pancakarsa 2022, Ladies Fokus FC Gelar Seleksi Pemain

“Kalau bicara fakta saya tidak menghilangkan bahwa kampung kami sangat rawan, bahkan bukan hanya di RW 01 tapi di Kelurahan Cikaret,” katanya.

“Maka kami ucapkan terima kasih ke Kapolresta atas terpilihnya kampung kami ini sebagai Kampung Tangguh Anti Narkoba,” sambung dia.

Ke depan, ditambahkannya, pihaknya juga akan menyiapkan peternakan kambing serta pembinaan rohani seperti pengajian, hadroh dan lain sebagainya, agar warga RW 01 memiliki kegiatan positif.

“Intinya kami akan banyakan kegiatan positif dan mantan pelaku agar insaf dan tobat,” tandasnya. (rez)

Leave a Reply

Your email address will not be published.