Program Pengabdian Masyarakat di Dua Wilayah, Mahasiswa Komunikasi Unida Ikut Sukseskan Vaksinasi Covid-19

by -

Program Studi (Prodi) Sains Komunikasi, Fisip, Universitas Djuanda (Unida) Bogor, memberi kontribusi terhadap program vaksinasi. Yaitu melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang merupakan bagian dari pengabdian masyarakat.

PENGABDIAN masyarakat yang dilakukan terkait stra­tegi komunikasi dalam mewu­judkan antusiasme masyara­kat sebagai bentuk partisi­pasi terhadap program vaksi­nasi Covid-19 di Desa Banjar­wangi Kabupaten Bogor dan Kelurahan Cibadak Kabupa­ten Sukabumi.

Kegiatan mahasiswa dengan pendampingan dosen pem­bimbing ini berlangsung Juli—Agustus 2021. Program vaksinasi Covid-19 yang su­dah dimulai Januari 2021 ini tampaknya masih menda­patkan antusiasme kurang maksimal dari masyarakat Indonesia.

Padahal, Indonesia sebagai salah satu negara yang pe­merintahnya telah meny­ediakan program vaksinasi. Program ini sebagai salah satu upaya memutus rantai penyebaran Covid-19 dan menekan angka kasus Co­vid-19 yang masih meningkat.

Baca Juga  Unida Bogor Bangun Kerja Sama Dengan Pemuda Pelopor Tingkatkan Potensi Pemuda Dan Mahasiswa Di Kabupaten Bogor

Sesuai Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2021, memutuskan Perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 99 Tahun 2020 tentang pengadaan vak­sin dan pelaksanaan vaksi­nasi dalam penanggulangan pandemi Corona Virus Di­sease-19 (Covid-19).

Metode dalam strategi komunikasi yang diterapkan kepada masyarakat yaitu pay of idea dengan melakukan ajakan berpartisipasi program vaksinasi Covid-19 yang akan mendapatkan sertifikat vak­sin, kemudahan mendapat­kan dana bantuan sosial dan pelayanan sosial, serta mo­bilisasi.

Selain itu, metode inte­grasi melalui ketua RW dengan merangkul tokoh masyarakat untuk memberikan pemaha­man kepada masyarakat mengenai informasi program vaksinasi Covid-19.

Red Herring sebagai seni dalam metode komunikasi pun dilakukan untuk mem­berikan penjelasan kepada masyarakat yang memiliki pernyataan efek samping buruk vaksin Covid-19 ter­hadap kesehatan. Metode ini berhasil mengubah pema­haman masyarakat yang po­sitif terhadap program vaksin Covid-19.

Baca Juga  Unida Salurkan 100 Sak Semen ke Warga Cibuntu

“Masyarakat begitu antu­sias dan banyak berpartisi­pasi mengikuti program vaksinasi karena faktor kese­hatan dan kebutuhan,” tutur Ketua Lembaga Pemberday­aan Masyarakat (LPM) Kelu­rahan Cibadak, Lukman.

Strategi komunikasi yang dilakukan kepada masyarakat Desa Banjarwangi yaitu dengan sosialiasi melalui whatsapp group (WAG) dan face to face (tatap muka). Pesan yang disampaikan menggunakan bersifat infor­matif dan edukatif sehingga masyarakat tertarik untuk ikut serta vaksinasi Covid-19.

Dosen pembimbing seka­ligus Ketua Program Studi Sains Komunikasi Fisip Uni­da, Maria Fitriah, mengatakan bahwa ikut tergeraknya mela­kukan pengabdian kepada masyarakat di masa pandemi diharapkan dapat turut mem­bantu pemutusan rantai penyebaran dan penekanan kenaikan angka positif Co­vid-19. (*/els/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *