Rakor MUI se-Kecamatan Cigombong Perkuat Sinergitas Ulama dan Umara

by -

METROPOLITAN – Bertem­pat di aula kantor Kecamatan Cigombong, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Cigombong mengadakan rapat koordinasi dengan MUI desa sekecamatan pada Se­lasa (14/9).

Hadir pada acara tersebut plt camat Cigombong, ke­pala KUA, kepala Penais, ke­tua BKMT, dan seluruh ketua MUI desa se-Kecamatan Ci­gombong. Kegiatan itu mem­bahas pencanangan Bulan Vaksinasi Kabupaten Bogor.

Dalam sambutannya, Ketua MUI Kecamatan Cigombong, Kiai Sadudin mengaku MUI selaku organisasi mitra pe­merintah akan selalu men­dukung program pemerintah.

”Terkait program vaksin, MUI akan uswah dan pelopor ter­depan dalam menyukseskan program vaksin,” katanya.

Sinergitas itu pun disambut baik Plt Camat Cigombong, Asep Achadiat. Ia menilai pentingnya sinergitas antara ulama dengan umara.

Baca Juga  10 Muharam Jadi Agenda Rutin Santunan

”Tanpa adanya dukungan para ulama, program sebagus apa pun dari pemerintah ti­dak akan terealisasi dengan maksimal,” ujar Asep.

Menurutnya, peran ulama, ustadz, dan ustadzah sangat strategis dalam membumikan program Pemerintah Kabu­paten (Pemkab) Bogor. Salah satunya vaksinasi menuju terwujudnya Bogor Sehat.

Selain masalah vaksinasi, Asep juga meminta agar di­bentuk Forum Komunikasi Ulama Umara di tingkat ke­camatan hingga RT. Agar berbagai persoalan sosial kemasyarakatan dapat ter­deteksi secara dini dan cepat tertangani dengan menge­depankan ukhuwah islamiyah.

”Saya sangat gembira dan terharu dapat berkumpul dengan para tokoh agama yang begitu besar andilnya dalam mengawal pelaks­anaan tugas-tugas Pemerin­tahan Kecamatan Cigombong,” imbuhnya.

Dalam acara silaturahmi tersebut, para ulama menga­ku siap mendukung pelaks­anaan Bulan Vaksinasi dan proses percepatan vaksinasi di Kecamatan Cigombong. Mereka serius akan turun ke lapangan, baik kepada tokoh-tokoh agama maupun warga di akar rumput.

Baca Juga  Akhirnya MUI Sebut Permintaan Maaf Ahok Sebagai Upaya Memecah Umat Islam

“Dengan ini kami pengurus MUI kecamatan bersama para ketua MUI desa siap menggiring warga untuk mengikuti vaksinasi Covid-19 dan berperan serta mem­bantu kelancaran pelaks­anaan vaksinasi Covid-19 yang dilaksanakan serentak di tiap desa,” demikian pernyataan serentak pengurus MUI ke­camatan dan desa di Cigom­bong.

Begitu juga ibu-ibunya ter­gabung dalam BKMT akan turun bersama kader PKK, posyandu, dan kader lainnya berperan serta dalam sukse­si Bulan Vaksinasi. Termasuk melakukan ajakan dalam setiap pengajian ibu-ibu yang dilaksanakan BKMT. (eka/ run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *