Ratusan THM di Bekasi Minta Diizinkan Beroperasi

by -

METROPOLITAN – Tercatat 101 Tempat Hiburan Malam (THM) di Kota Bekasi mengaju­kan permohonan mengikuti uji coba pembukaan opera­sional di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masy­arakat (PPKM) level 3. Sebagai rinciannya, 60 tempat karaoke, 2 pub, 2 kafe dan 37 tempat spa. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud), Muhammad Ridwan, menga­takan, uji coba pembukaan THM dilakukan sebagai salah satu upaya memulihkan eko­nomi yang terdampak pan­demi Covid-19.

“Bioskop sudah boleh, yang belum kayak spa sama kara­oke, tapi akan diusulkan untuk uji coba. Karena kalau bicara keuangan sudah susah, mau bayar pun dari mana, mereka tidak mau juga mati (usahanya), makanya kita harus menjaga itu, makanya kita uji coba,” ujar Ridwan.

Baca Juga  Luar Biasa, THM Kemang Makin Berkembang

Ridwan menuturkan, me­reka akan secepatnya mela­kukan uji coba pembukaan tempat hiburan dengan ber­koordinasi dengan pihak Pol­res Metro Bekasi Kota dan Kodim 0507 Bekasi. “Lebih cepat lebih bagus, nanti kita koordinasi dengan Polres dan Dandim buat timnya, di-mo­nitoring semuanya. Kalau sudah oke sepakat dijalankan, baru. Jadi tidak bisa semba­rangan,” terangnya.

Saat ini, lanjut Ridwan, pi­haknya masih mengurus ad­ministrasi selanjutnya sambil menunggu pengesahan dari wali kota Bekasi sebelum dila­kukan uji coba. “Sedang dalam proses administrasi dulu, nanti kan ada pengesahan dari Pak Wali,” jelasnya.

Untuk menjaga agar pem­bukaan tidak menjadi sumber menlonjaknya kasus Covid-19 kembali, Ridwan meminta pemilik usaha memastikan seluruh karyawannya telah tervaksinasi Covid-19, begitu pula dengan pengunjung THM. “Semua pegawainya itu sudah vaksin dan siap terapkan pro­kes. Yang datang juga harus sudah divaksin,” tegasnya.

Baca Juga  Propam Usut Penembakan oleh Oknum Brimob di Bogor

Ia kembali menegaskan, ha­nya tempat usaha hiburan yang berlokasi di zona hijau yang dapat menjalankan uji coba.

“Yang paling utama lagi, dia (tempat usaha) harus masuk di zona hijau, jika kelurahan dan RT-nya hijau berarti boleh mengikuti uji coba,” katanya.

Saat ini Kota Bekasi mema­suki level 3 PPKM pandemi Covid-19. Ini tertuang pada edaran instruksi Menteri Ne­geri Nomor 38 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pem­batasan Kegiatan Masyarakat Level 4, Level 3 dan Level 2 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali. (ps/ tob/suf/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *