Siap-Siap Buka Sektor Pariwisata, Tempat Wisata di BNR Bogor Jadi ‘Kelinci Percobaan’

by -
ILUSTRASI. (Istimewa)

METROPOLITAN.id – Di tengah melandainya kasus Covid-19, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor nampak percaya diri dan siap-siap melakukan uji coba membuka objek wisata yang dianggap telah memenuhi persyaratan administrasi. Hal itu diungkapkan Wali Kota Bogor, Bima Arya.

Menurutnya, vaksinasi dan kondisi Indonesia jauh lebih sukses dibanding negara lain. Hal ini diakuinya berkat rantai koordinasi yang bagus dari pemerintah pusat ke pemerintah daerah, termasuk Kota Bogor.

Alhasil, pihaknya pun merestui para pelaku pariwisata untuk melakukan uji coba selama memenuhi persyaratan administrasi dan memahami protokol kesehatan (Prokes).

Namun ia bersikap tegas jika nanti saat uji coba ada ‘ledakan’ Covid-19, Bima Arya menyebut dirinya tak segan-segan mencabut izin usaha.

Baca Juga  Fun Football ala PSSI-FIFA, Wujud Tidak Empati Tragedi Kanjuruhan

“Kita saling komitmen, mangga buka, tapi prokesnya harus ada CHSE (Cleanliness, Health, Safety & Environment Sustainability) dan QR Code Peduli Lindungi,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bogor, Atep Budiman mengatakan, melalui koordinasi Kemenparekraf sudah ada tempat wisata yang diujicobakan yakni J-Bound. Dipilihnya lokasi wisata yang ada di kawasan Bogor Nirwana Residence (BNR), Kecamatan Bogor Selatan itu bisa uji coba bukan tanpa alasan. Melainkan sudah memenuhi segala macam persyaratan administrasi.

“Jadi pengalaman J-Bound ini di share ke pelaku pariwisata lain dan pelaku pariwisata sudah secara mandiri mendaftar persyaratan, seperti sertifikasi CHSE ke Kemenparekraf dan QR Code Peduli Lindungi ke Kemenkes,” ujar Atep.

Baca Juga  Dapat CSR, Dua JPO Instragamable bakal Dibangun di Kota Bogor

Mantan camat Bogor Selatan itu menambahkan, secara statistik pengendalian Covid-19 di Kota Bogor sudah cukup bagus dan angka-angka penyebaran Covid-19 sudah jauh menurun. Sehingga pihaknya akan secara simultan melakukan uji coba selama aturan dipenuhi pelaku pariwisata dan komitmen ini sudah dibangun pelaku pariwisata.

“Mudah-mudahan ke depan saling memberi optimisme bagi pariwisata Kota Bogor, sehingga bisa bangkit lagi, memberi kontribusi luas tidak hanya untuk pelaku pariwisata tapi bagi warga Kota Bogor dan PAD Kota Bogor,” tuntasnya. (ryn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *