Surat Edaran Kemenag Soal Bantuan Pesantren Hoaks

by -

METROPOLITAN – Beredar surat direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren) Nomor B-2563/ DJ.I/Dt.I.V/HM.13/09/2021 tentang Edaran Penerima Bantuan Pesantren dan Pen­didikan Keagamaan Islam Tahun Anggaran 2021 Perio­de II.

Dalam surat tersebut dise­butkan bahwa pengajuan dan penerima bantuan dapat disampaikan dalam bentuk cetak (hard copy) atau berkas digital (soft copy) melalui pemberi bantuan. Lalu, dite­ruskan kepada pemberi ban­tuan 30 juta yang diperuntuk­kan dua lembaga serta men­ghadiri acara Program Ban­tuan Tunjangan di Kemenag.

Atas hal tersebut, Direktur PD Pontren Waryono memas­tikan bahwa surat tersebut tidak benar alias hoaks. “Itu surat palsu. Informasinya tidak benar dan menyesatkan, alias hoaks,” tegas Waryono, Minggu (19/9).

Baca Juga  Pengangkatan Guru Jadi Topik Diskusi

Selain secara subtansi in­formasi dalam surat tersebut tidak benar, secara teknis administratif penulisan surat tersebut juga tidak sesuai standar. Bahasa yang diguna­kan membingungkan dan formatnya tidak sebagaimana mestinya. “Kalau ada pihak yang menerima surat tersebut diabaikan saja. Atau, silakan konfirmasi ke Kankemenag Kabupaten dan Kota terdekat,” terangnya.

Waryono menambahkan, pihaknya memang tengah menggulirkan program ban­tuan untuk pesantren dan pendidikan keagamaan Islam. Namun, pengajuan proposal bantuan tersebut sudah ditutup pada 10 September 2021. Un­tuk lebih jelasnya, informasi seputar bantuan pesantren bisa diakses melalui melalui aplikasi layanan bantuan pada laman https//ditpdpon­tren.kemenag.go.id/layanan/. (jp/feb/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *