Tujuh Tahun Jadi Peserta JKN-KIS, Undang Niatkan Hati Untuk Ibadah dan Bantu Sesama

by -

METROPOLITAN.id – Tujuh tahun sudah Undang Kuswara telah terdaftar sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang dikelola oleh BPJS Kesehatan.

Sejak diselenggarakannya program JKN-KIS tahun 2014 lalu, Undang mengaku selalu rutin membayar iuran setiap bulannya.

Ia mengaku, tidak pernah telat membayar iuran tersebut meski Undang belum pernah mengakses layanan kesehatan menggunakan kartu JKN-KIS nya itu.

“Alhamdulilah, sejak pertama saya ikut kepesertaan JKN-KIS, saya belum pernah menggunakannya baik itu ke Puskesmas atau rumah sakit untuk berobat. Saya selalu bersyukur karena selalu diberikan kesehatan dan semoga tetap sehat selalu walaupun demikian penting menjadi peserta JKN-KIS karena kita pasti akan jatuh sakit tetapi tidak tahu kapan,” kata Undang, Selasa (07/09).

Baca Juga  Jelang Lebaran, Perhimpunan Sadulur Salembur Berbagi Senyum Bareng 500 Warga Bogor

Undang menjelaskan, sedari awal mengikuti Program JKN-KIS tersebut karena berniat untuk mengumpulkan amal ibadah, karena buatnya iuran tersebut sama dengan membantu sesama yang membutuhkan.

Sebab prinsip Program JKN-KIS ini adalah gotong royong, yang sehat membantu yang sakit sehingga iuran yang Undang bayarkan dapat membantu biaya peserta sakit yang membutuhkan biaya yang besar.

“Mungkin karena dari awalnya berniat untuk membantu peserta lain dan menambah amal ibadah. Jadi saya hingga saat ini tetap sehat dan iuran yang saya bayarkan dapat membantu peserta JKN-KIS lainnya yang membutuhkan. Iuran yang saya bayarkan adalah untuk diri saya termasuk istri dan dua anak saya agar mereka terlindungi di saat sakit,” terang Undang yang merupakan warga Palengseran RT 1/4 Kota Bogor.

Baca Juga  Cuaca Ekstrem, Dua Rumah Tergerus Longsor

Undang juga mengatakan, ibarat sedia payung sebelum hujan pun menjadi pepatah yang sangat tepat, karena menurutnya tidak selamanya orang tetap sehat pasti akan ada saatnya jatuh sakit sehingga mendaftarkan seluruh keluarganya menjadi peserta JKN-KIS merupakan sesuatu yang sangatlah penting.

Undang yakin suatu saat kepesertaan JKN-KIS akan digunakan dan pastinya sangat bermanfaat suatu hari nanti.

“BPJS ini sangat penting, jangan disepelekan dan daftarkan segera menjadi peserta JKN KIS sebagai agar jika diperlukan kita sudah memiliki jaminan kesehatan,” ucapnya.

Ia pun bersyukur telah mendaftarakan seluruh keluarganya menjadi peserta JKN-KIS dengan hak rawat kelas III, yang membayar iurannya sendiri.

“Yang terpenting adalah membayar iuran tepat waktu agar dapat dipergunakan disaat membutuhkan.” tutup Undang. (yos/c/ryn)

Baca Juga  Arie Untung Berasa Dapat Teguran

Leave a Reply

Your email address will not be published.