Unida Bogor Bikin Giat Seru Khusus Mahasiswa Baru

by -

METROPOLITAN – Univer­sitas Djuanda (Unida) Bogor menyelenggarakan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kam­pus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun Akademik 2021/2022 secara hybrid di aula gedung F bagi para pim­pinan universitas serta mela­lui platform Zoom Cloud Meeting dan Live Streaming YouTube bagi peserta PKKMB 2021. Kegiatan PKKMB ini dilaksanakan tiga hari, yakni mulai 13 sampai 15 September 2021.

Wakil Rektor III Unida Bogor, Himmatul Miftah, menyebut­kan, keseluruhan mahasiswa baru tahun akademik 2021/2022 berjumlah sekitar 1.300 ma­hasiswa yang menyebar pada tujuh fakultas dan Sekolah Pascasarjana. Kegiatan PKKMB ini diharapkan dapat menge­nalkan lebih dekat Unida Bo­gor, baik dari sejarah, visi-misi hingga kehidupan ling­kungan kampus kepada ma­hasiswa baru.

“Pada kesempatan ini, kami mengucapkan selamat datang dan selamat bergabung ke­pada para mahasiswa baru calon pemimpin bangsa, dalam keluarga besar Unida Bogor Kampus Bertauhid. Selamat mengikuti kegiatan PKKMB atau yang lebih kita kenal dengan Taaruf. Hal ini agar lebih meyakinkan calon ma­hasiswa baru tidak salah me­milih perguruan tinggi untuk menyiapkan bekal masa depan. Para mahasiswa akan dibe­kali dengan 21 Karakter Tauhid sesuai cita-cita bersama insan Unida Bogor untuk dapat meng­genggam dunia, meraih akhi­rat,” paparnya. Lalu, Rektor Unida Bogor, Dede Kardaya, mengatakan, saat ini Unida Bogor merupakan kampus swasta terbaik di Bogor yang menempati peringkat ke-71 dari 2.136 perguruan tinggi nonvokasi se-Indonesia dan masuk ke-6 besar perguruan tinggi terbaik di LLDIKTI Wi­layah IV Jawa Barat-Banten.

Baca Juga  Gelar Pelatihan Jurnalistik, Unida Siapkan Generasi Anti Hoaks

Dede Kardaya menyampai­kan, pada era industri 4.0 dii­ringi dengan era society 5.0 yang merupakan super smart society, mengharuskan adanya peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Maka perlu ada upaya untuk mendo­rong SDM unggul dalam men­ghadapi segala kemungkinan kemajuan dan perubahan tersebut. Hal ini sesuai apa yang tertuang dalam Quran Surat Ar-Ra’d ayat 11 bahwa Allah SWT tidak akan mengu­bah keadaan suatu kaum se­belum kaum itu sendiri men­gubah apa yang ada pada diri mereka. “Dengan demikian, kata kunci perubahan harus kita cermati tanpa harus men­gubah jati diri. Perubahan ini merupakan keniscayaan yang tentunya ketika kita menolak perubahan kita akan terlempar dari persaingan. InsyaAllah dengan bekal 21 Karakter Tau­hid, para mahasiswa Unida Bogor diharapkan menjadi mahasiswa yang cerdas emo­sional, cerdas intelektual, cer­das sosial, cerdas adversity, tentunya untuk menjadi lulu­san berkualitas, berkompeten serta menjadi rahmatan lila­lamin,” ungkapnya saat mem­buka kegiatan PKKMB secara resmi. Hadir memberikan sambutan, Ketua Umum Yay­asan Pusat Studi Pengembangan Islam Amaliyah Indonesia (YPSPIAI), Bambang Widjo­janto, menuturkan, maha­siswa memegang peranan penting untuk membangun sebuah peradaban. Maha­siswa merupakan penerus pemimpin bangsa yang mana harus dapat belajar tidak hanya di lingkungan perguruan tinggi, namun dapat belajar dari kehidupan. “Selamat un­tuk kalian yang hari ini men­jadi mahasiswa-mahasiswi Unida Bogor Kampus Bertau­hid. Menjadi mahasiswa, ar­tinya maha atas kesiswaan, sehingga ada tanggung jawab yang lebih besar. Berkenaan itu, maka ingat bahwasanya kalian adalah calon khalifatul­lah untuk alam, itu sebabnya ruang belajarmu nanti tidak hanya di kampus, tetapi di universitas kehidupan. Kalian akan merugi jika 4 atau 5 tahun ke depan hanya membawa 2 hal, ijazah dan transkrip nilai. Untuk dapat menggenggam dunia meraih akhirat tidak hanya 2 lembar tersebut. Ma­ka, pahami dan transformasi­kan makna iqro,” ungkapnya. (*/feb/py)

Baca Juga  Media Harus Jadi Alat Kontrol dan Penangkal Berita Bohong

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *