Waduh! Ada Peringatan Pergerakan Tanah di Jakarta

by -

METROPOLITAN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta memperingatkan potensi ter­jadi pergerakan tanah di wi­layah DKI Jakarta pada Oktober 2021. Menurut informasi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Ben­cana Geologi (PVMBG) Ke­menterian ESDM, beberapa daerah di Provinsi DKI Jakarta berada di zona menengah.

”Perkiraan wilayah potensi terjadi gerakan tanah disusun berdasarkan hasil tumpang susun (overlay) antara peta zona kerentanan gerakan tanah dengan peta prakiraan curah hujan bulanan yang diperoleh dari BMKG,” keterangan BPBD DKI Jakarta melalui akun In­stagram @bpbddkijakarta, Rabu (29/9).

Berikut daerah di zona men­engah, yakni Jakarta Selatan antara lain Cilandak, Jagakar­sa, Kebayoran Baru, Kebayoran Lama, Mampang Prapatan, Pancoran, Pasar Minggu dan Pesanggrahan. Kemudian ada juga Jakarta Timur, antara lain Kramat Jati dan Pasar Rebo.

Baca Juga  Harga Bawang Merah Dan Putih Kompak Naik

Adapun daerah yang mem­punyai potensi menengah dapat terjadi gerakan tanah jika curah hujan di atas normal, terutama pada daerah yang berbatasan dengan lembah sungai, gawir, tebing jalan atau jika lereng mengalami gang­guan. ”Untuk itu, kepada lu­rah, camat dan masyarakat diimbau tetap mengantisi­pasi adanya potensi gerakan tanah saat curah hujan di atas normal,” imbau BPBD DKI Jakarta. (sn/tob/suf/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *