Warga Cikeas Bisa Nabung Sampah Jadi Emas Tiga Gram

by -

Kebanyakan orang memandang sampah merupakan barang yang kotor dan menjijikkan. Namun, berbeda di Kampung Ramah Lingkungan (KRL) Melati, Kadupugur, RT 02/03, Desa Cikeas, Kecamatan Gunungputri, Kabupaten Bogor, yang dapat mengubah sampah menjadi barang mewah berupa emas.

DI KRL Melati ini warga diajak mengumpulkan sam­pah untuk ditabung di Bank Sampah Melati dengan baya­ran berupa emas mulai dari 1 gram hingga 3 gram. “Me­mang tujuan bank sampah itu mengubah sampah men­jadi emas. Itu visi dan misi kita,” kata pengelola KRL Melati, Endang Irawati, ke­marin.

Ia menyebut warga di RW 03 biasanya mengumpulkan sampah mulai dari sampah organik maupun nonorganik. Lalu ditabung di bank sampah selama lima sampai enam bulan, tergantung banyaknya sampah yang dihasilkan. “Sampai sekarang ada 120 nasabah. Per hari bisa sampai 2,5 sampai 3 kuintal sampah. Sampahnya dijual ke peng­epul tapi ada juga yang dipi­lah dulu,” tambahnya.

Baca Juga  Camat Leuwiliang Ajak Warga Gunakan Gelas Kaca

Endang Irawati berharap dengan adanya bank sampah ini dapat memperindah serta membersihkan KRL Melati. “Warga senang bisa dapat emas dari hasil kumpul sampah. Sebelumnya, mereka berpikir sampah barang yang kotor dan tidak mungkin bisa jadi emas. Di sini nyata bisa ditu­kar emas,” pungkasnya. (rb/ els/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *